Fadli Zon Usul JIS Ganti Nama Jadi Bung Hatta Ketimbang MH Thamrin

CNN Indonesia
Rabu, 22 Jun 2022 17:31 WIB
Fadli Zon mengusulkan Jakarta International Stadium diganti namanya jadi Stadion Bung Hatta demi menghormati Dwitunggal Sukarno-Hatta. Fadli Zon mengusulkan Jakarta International Stadium diganti namanya jadi Stadion Bung Hatta demi menghormati Dwitunggal Sukarno-Hatta. Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengusulkan nama Jakarta International Stadium (JIS) diubah menjadi Stadion Bung Hatta.

"Saya usul namanya STADION BUNG HATTA," kata Fadli lewat akun Twitter miliknya, @fadlizon, Rabu (22/6).

Menurutnya, penamaan Stadion Bung Hatta cocok untuk JIS karena tokoh proklamasi Indonesia berjumlah dua orang yakni Sukarno dan Mohammad Hatta. Saat ini Indonesia sudah memiliki stadion yang menggunakan nama Sukarno.


Fadli mengatakan penggunaan nama Mohammad Husni Thamrin sebagaimana usulan sejarawan JJ Rizal sudah digunakan sebagai nama jalan protokol di DKI Jakarta.

"Kita sudah punya "Gelora Bung Karno", padahal Proklamator itu dwitunggal, jadi cocok kalau menghargai Bung Hatta. Nama Thamrin sudah jadi jalan protokol terbesar," kata eks Wakil Ketua DPR RI itu.

Sebelumnya, sejarawan JJ Rizal mengusulkan lewat petisi agar JIS diganti namanya menjadi Stadion MH Thamrin.

Rizal mengatakan Anies harus menerima usulan yang tertuang dalam petisi. Menurutnya, stadion megah yang berada di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara itu sebenarnya belum memiliki nama sampai saat ini.

"Kita memberikan usulan nama, bahwa itu nama nanti diterima atau tidak kata Mas Anies tadi, ini belum tentu diterima ya. Ya menurut kami ini harus diterima," kata JJ Rizal kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/6).

Rizal menyebut petisi itu telah ditandatangani oleh 5.700 lebih orang. Ia pun telah menyerahkan petisi yang mengusulkan pergantian nama JIS langsung kepada Anies.

"Kita senang akhirnya bisa bertemu gubernur dan menyerahkan petisi dari publik," katanya.

Rizal menyebut MH Thamrin pantas menjadi nama stadion megah karena MH Thamrin bukan hanya pahlawan nasional dan putra Betawi, tetapi juga pahlawan sepak bola.

(mts/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER