Megawati: Saya Tak Salah Pilih Jokowi, Tahan Banting

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 17:22 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengklaim mengabaikan pendapat banyak orang yang menilai Jokowi tak dikenal untuk dijagokan pada Pilpres 2014. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan tak salah pilih Presiden Jokowi pada Pilpres 2014 lalu. (Screenshot via Twitter/@PDI_Perjuangan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDI-Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan tak salah memilih Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) pada 2014 lalu.

Megawati mengklaim mengabaikan pendapat banyak orang yang menilai Jokowi tak dikenal untuk dijagokan pada Pilpres 2014.

"Saya tidak salah pilih ketika saya waktu men-declare Pak Jokowi [sebagai Capres]. Orang kan dengan sinis mengatakan, 'siapa toh Jokowi?' gitu," ujar Megawati dalam pidato penutupan Rakernas II PDIP, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6).


"[Jokowi] enggak dikenal. 'Kok ibu Mega berani-berani mengajukan dia?' Saya diam saja," sambungnya.

Megawati mengatakan keputusan memilih Jokowi sebagai sosok yang diusung PDIP itu berdasar pengalaman hidup selama ini, bukan hasil dari meramal.

"Saya bisa melihat orang dari sosok yang lebih dalam," tutur Mega.

Menurutnya, hingga saat ini pun, ia sering keheranan dengan ketangguhan Jokowi. Megawati menilai dengan fisik yang kurus, Jokowi tahan banting dengan berbagai tantangan.

"Saya sampai tanya karena saya bilang kalau berdua saya panggil dek, situ padahal kurus tapi kan kok bisa sih tahan banting banget?" kata Megawati mengulang pertanyaannya pada Jokowi.

Megawati lantas mencontohkan Jokowi yang kemarin baru saja bersama anaknya Puan Maharani meninjau lokasi calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, namun kini sudah kembali beraktivitas.

Presiden ke-5 Indonesia itu pun mengucapkan rasa terima kasih karena Jokowi telah berhasil menjadi pemimpin Indonesia.

"Saya terima kasih banget. Untung kita punya presiden kuat," katanya.

Megawati sampai penutupan Rakernas II PDIP sore ini belum mengumumkan nama capres maupun cawapres yang diusung partainya pada Pilpres 2024 mendatang. Ia mengatakan masih menyembunyikan nama capres 2024.

(blq/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER