50 Bangkai Kambing Terjangkit PMK Ditemukan di Sungai Semarang

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 23:49 WIB
Sebanyak 50 bangkai kambing ditemukan di aliran Sungai Serang, Desa Susukan, Kecamatan Susukan, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (21/6) pagi. Ilustrasi. 50 bangkai kambing ditemukan di aliran Sungai Serang (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 50 bangkai kambing ditemukan di aliran Sungai Serang, Desa Susukan, Kecamatan Susukan, Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (21/6) pagi. Bangkai kambing itu terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Berdasarkan perhitungan sementara, jumlah bangkai yang ditemukan mencapai 50 ekor," seperti dikutip dari CNN Indonesia TV, Kamis (23/6).

Jumlah bangkai kambing itu disebut bisa bertambah. Pasalnya, masih banyak bangkai yang belum ditemukan karena terbawa arus sungai.


Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan, Kabupaten Semarang melakukan pemeriksaan terhadap bangkai kambing tersebut. Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa puluhan kambing itu terjangkit penyakit PMK.

"Kambing-kambing itu mati akibat terjangkit PMK sejak satu hingga dua hari lalu," demikian pemberitaan CNN Indonesia TV.

Adapun bangkai kambing yang telah dievakuasi dari Sungai Serang kemudian akan dikubur.

Sementara, warga sekitar area sungai diimbau agar meminimalisir penggunaan air sungai untuk konsumsi ternak. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran PMK.

Mengutip siagapmk.id, per hari ini, jumlah wilayah yang tertular PMK sebanyak 19 provinsi, 215 kabupaten/kota yang tertular.

Sementara jumlah hewan ternak yang terpapar PMK sebanyak 231.715, hewan sembuh sebanyak 73.804, hewan potong bersyarat sebanyak 2.248 dan hewan yang mati sebanyak 1.330 ekor.

Sebagian besar hewan ternak yang terpapar PMK adalah sapi.

Diketahui, pemerintah akan melakukan pengadaan vaksin PMK sebanyak 29 juta dosis pada tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan pembatasan lalu lintas hewan hidup khususnya sapi untuk daerah berbasis level mikro atau skala kecamatan yang terdampak PMK.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER