Warga Bali Tersangkut di Pohon Aren 15 Meter saat Sadap Tuak

CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 10:57 WIB
Korban warga Desa Taro, Gianyar, Bali, tersangkut di pohon aren sekitar tiga jam saat menyadap tuak. Lokasi pohon itu berada di tepi jurang. Seorang warga Bali tersangkut di pohon enau atau aren setinggi 15 meter saat menyadap tuak. Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Bali, CNN Indonesia --

Seorang warga bernama I Made Bedil (71) tersangkut di dahan pohon enau atau aren setinggi 15 meter, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, kemarin malam.

"Korban tidak sadarkan diri tersangkut di dahan pohon enau," kata Kapolsek Tegalalang AKP I Ketut Sudita, Jumat (24/6).

Sudita mengatakan korban tersangkut di pohon aren tersebut sekitar tiga jam. Lokasi pohon berada di tepi jurang.


Awalnya, kata Sudita, seorang saksi I Made Purnawan yang berada di sekitar lokasi untuk menyabit rumput melihat korban naik ke pohon enau untuk menyadap tuak sore hari.

Setelah selesai menyabit rumput Purnawan kembali ke rumah. Ia balik lagi ke tegalan sekitar pukul 18.30 Wita, namun masih melihat sepeda motor korban terparkir di dekat pohon.

Purnawan pun memeriksa keberadaan korban mengingat waktu sudah malam. Ia pergi bersama I Komang Kawit. Tak lama keduanya mendengar korban merintih di atas pohon.

Kaki korban menggantung di tangga bambu dengan posisi tangan memeluk pohon dan kepala menghadap ke bawah.

"Melihat kejadian tersebut, saksi berusaha memberikan pertolongan dan bergegas minta pertolongan warga sekitar dan menghubungi Polsek Tegallalang," ujarnya.

Sudita mengatakan petugas pun tiba sekitar pukul 20.30 Wita. Mereka langsung mengevakuasi korban dengan kondisi yang sudah gelap.

"Korban masih di atas pelepah Pohon Enau dalam keadaan lemas dan pohon enau dengan tinggi kurang lebih 15 meter," katanya.

Tim SAR serta tim medis tiba di TKP sekitarpukul 21.30 Wita. Setelah berjibaku, korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 22.15 Wita.

"Korban dalam keadaan lemas, kaki dan tangan keram. Selanjutnya korban diangkut ambulans Puskesmas untuk dirujuk ke Rumah Sakit Payangan," ujarnya.

(kdf/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER