Megawati Utus Puan Jajaki Koalisi Partai Lain di Luar PKS dan Demokrat

CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 13:41 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan partainya telah siap menjajaki kerja sama atau koalisi dengan partai lain usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II. Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku diutus Ketum Megawati Soekarnoputri untuk membuka komunikasi dengan partai politik lain. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan partainya telah siap menjajaki kerja sama atau koalisi dengan partai lain usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II pada Kamis (23/6) kemarin.

Hal itu disampaikan Puan di samping Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri usai penutupan Rakernas di sekolah partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Puan mengaku telah diminta oleh Megawati untuk bersilaturahmi dengan partai lain.


"Insyaallah dan setelah Rakernas kita akan memulai melakukan silaturahmi silaturahmi, dan tadi saya diminta ibu ketum sebagai ketua DPR bisa ikut menjajaki kerja sama," kata Puan kepada wartawan.

Puan mengatakan partainya akan mulai menjalin komunikasi dengan semua partai. Menurutnya, PDIP bukan tidak mau bekerja sama hanya karena sejauh ini belum menjalin komunikasi dengan partai lain.

Ketua DPR itu menegaskan silaturahmi antar partai wajib dilakukan. Menurutnya, sejumlah partai telah meminta untuk bertemu dengan Megawati namun tertunda karena pandemi Covid-19.

"Bahkan Ibu selalu bilang saya enggak bisa kemana-mana, ke depan Insyaallah covid melandai kita jajaki pertemuan tersebut," katanya.

Sementara itu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya mengatakan PDIP sulit untuk menjalin kerja sama atau koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS dalam menghadapi Pemilu 2024.

Hasto secara tegas bahkan menyatakan enggan untuk menjalin koalisi dengan PKS. Ia menilai kedua partai tersebut memiliki karakteristik pendukung dan prinsip politik yang berbeda dengan PDIP.

"Ya, kalau dengan PKS tidak," kata Hasto.

"Saya pribadi sebagai Sekjen memang tidak mudah untuk bekerja sama dengan partai Demokrat karena dalam berbagai dinamika politik menunjukkan hal itu," ujarnya menambahkan.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER