Demo RKUHP di DPR, Mahasiswa Bakar Sampah dan Ancam Dobrak Gerbang

CNN Indonesia
Selasa, 28 Jun 2022 17:50 WIB
Aksi unjuk rasa mendesak transparansi naskah RKUHP di depan DPR oleh ratusan mahasiswa mulai memanas jelang petang, Selasa (28/6). Ratusan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa menolak RKUHP di depan kompleks Gedung DPR/MPR RI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Unjuk rasa mendesak transparansi naskah RKUHP di depan DPR oleh ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jakarta memanas pada Selasa (28/6) sore.

Mahasiswa mulai membakar sejumlah atribut yang mereka bawa dan sampah yang berserakan di sekitar lokasi aksi. Aksi bakar-bakaran tersebut terjadi dekat kawat berduri yang berada persis di gerbang utama kompleks parlemen.

Api kemudian langsung dipadamkan oleh petugas dari balik pagar.

Koordinator lapangan aksi dari atas mobil komando juga meminta agar massa aksi menenangkan diri.

Hingga berita ini ditulis sekitar pukul 17.30 WIB, masa aksi masih memaksa memasuki area kompleks parlemen hendak bertemu ketua DPR Puan Maharani.

Mereka sempat beberapa kali menendang pintu kecil dan memaksa petugas agar membukakan pintu. Namun, petugas dengan protokoler enggan membukakan pintu.

"Buka, buka, buka," teriak massa aksi dari luar pintu.

Mahasiswa bahkan mengancam bakal memindahkan titik aksi dari semula di depan pintu utama DPR ke pintu kecil setelah perwakilan dari Sekretariat Jenderal (Sekjen) DPR menolak untuk menerima dan membuka pintu.

Mahasiswa sebelumnya menilai sikap pemerintah abai terhadap 24 isu krusial yang dianggap bermasalah oleh masyarakat sipil dalam RKUHP.

Beberapa isu tersebut di antaranya terkait pidana mati, contempt of court, living law, hate speech, aborsi, dan kohabitasi yang sempat dibahas lewat rapat dengar pendapat (RDP), Rabu (25/5) bulan lalu.

"Kami mengajak kawan-kawan untuk menguningkan jalanan Senayan pada hari, tanggal Selasa, 28 Juni 2022, pukul 11.00 WIB sampai dengan menang," tulis akun twitter BEM UI @BEMUI_Official, Senin (27/6).

(thr/ugo)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER