Desakan Tutup Holywings Meluas ke Berbagai Daerah Buntut Promo Alkohol

CNN Indonesia
Rabu, 29 Jun 2022 07:24 WIB
Promo gratis minuman keras untuk orang yang bernama Muhammad dan Maria berujung penutupan outlet Holywings di sejumlah daerah. Promo gratis minuman keras untuk orang yang bernama Muhammad dan Maria berujung penutupan outlet Holywings di sejumlah daerah. Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Jakarta, CNN Indonesia --

Promo gratis minuman keras untuk orang yang bernama Muhammad dan Maria berujung penutupan outlet Holywings di sejumlah daerah.

Setelah viral promo tersebut, Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan enam staf Holywings sebagai tersangka. Selain itu, 12 outlet Holywings di Jakarta ditutup.

Langkah tersebut tak membuat banyak pihak puas. Desakan penutupan Holywings pun semakin melebar ke berbagai daerah.

Holywings Surabaya

Di Surabaya misalnya, GP Ansor mendesak Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mencabut izin operasional Holywings.

"Cabut izinnya Holywings seluruh Indonesia. Kami memohon kepada Wali Kota Surabaya untuk mencabut izin Holywings," kata Ketua GP Ansor Surabaya, Faridz Afif, Sabtu (25/6).

Puluhan orang yang mengatasnamakan dirinya Organisasi Madura Nusantara juga menggeruduk outlet Holywings di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Senin (27/6).

Mereka juga mengancam akan melakukan sweeping setiap hari di Holywings yang berada di Surabaya. Sweeping itu dilakukan untuk memastikan seluruh outlet Holywings di Surabaya tutup, hingga kasus benar-benar diusut tuntas.

Akhirnya, Eri Cahyadi membekukan izin operasi tiga outlet Holywings buntut promosi minuman tersebut.

"Izinnya bukan dicabut tapi dibekukan. Dibekukan itu maksudnya dihentikan enggak oleh buka disek (tidak boleh buka dulu) sampai kasusnya ini sudah selesai," kata Eri, di Graha Sawunggaling Surabaya, Selasa (28/6).

Holywings Bogor

Gara-gara kontroversi promo minuman keras itu juga, sebuah bar milik Holywings Indonesia di Jalan Raya Pajajaran, Bogor, Jawa Barat Sabtu (25/6) siang disegel petugas gabungan.

Holywings Bandung

Sementara itu, sebanyak dua gerai Holywings di Kota Bandung berinisiatif menutup permanen operasional mereka, Selasa (28/6).

Hal itu dilakukan usai 30 orang yang mengatasnamakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kota Bandung mendatangi salah satu outlet Holywings Indonesia di Jalan Karangsari, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (26/6).

Holywings Makassar

Di Makassar, Kafe dan klub Holywings untuk sementara waktu tidak beroperasi imbas promosi alkohol gratis dengan menggunakan Muhammad dan Maria.

Penutupan itu juga dilakukan usai Holywings didatangi sejumlah anggota Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP).

Holywings Semarang

Tak hanya di Makassar, Holywings di Semarang, Jawa Tengah juga ditutup oleh pihak management.

Salah seorang penjaga yang enggan disebutkan namanya mengatakan penutupan dan pencopotan logo tulisan Holywings dilakukan Selasa (28/6). Dia belum tahu kapan akan dibuka lagi.

"Iya mulai hari ini tutup. Tulisannya dilepas tadi siang. Bukanya lagi kapan tidak tahu," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



Holywings Yogyakarta

Di Yogyakarta, massa Forum Silaturahmi dan Komunikasi Laskar (Fusikom) dari berbagai daerah menuntut Holywings di Sinduadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta tutup permanen.

Selain desakan penutupan, sejumlah pihak juga menyoroti tindakan kepolisian yang dianggap rekasioner.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) bersama sejumlah LSM lainnya bahkan menilai promosi Holywings berupa minuman beralkohol gratis untuk pelanggan bernama Muhammad dan Maria tidak mengandung unsur pidana.

Menurut YLBHI, pasal yang dipakai kepolisian untuk menjerat enam tersangka tidak tepat. Diketahui, para tersangka dijerat dengan Pasal 16 Ayat 1 dan 2 UU ITE, Pasal 156 a KUHP, Pasal 28 Ayat 2 UU ITE, dan Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara

(yla/gil)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER