Muhammadiyah Gelar Salat Iduladha di Lapangan Sabtu 9 Juli

CNN Indonesia
Kamis, 30 Jun 2022 13:20 WIB
Muhammadiyah meminta aparat pemerintah turut memberikan pengamanan untuk warga Muhammadiyah yang Salat Iduladha 9 Juli. Ilustrasi Salat Iduladha. (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyatakan bahwa warga Muhammadiyah akan menggelar Salat Iduladha 1443 Hijriah pada 9 Juli 2022 mendatang di lapangan secara berjemaah.

Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 9 Juli 2022.

"Sesuai dengan hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 1443 H pada Hari Sabtu 9 Juli 2022. Warga Muhammadiyah akan melaksanakan Salat Iduladha di lapangan," kata Abdul yang dikutip di akun Twitter pribadinya @Abe_Mukti. CNNIndonesia.com sudah diizinkan mengutip cuitannya tersebut.

Abdul mengatakan Salat Iduladha dapat dilaksanakan di masjid bila kondisi hujan atau cuaca tidak mendukung.

Ia juga mengingatkan bahwa Salat Iduladha tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, Indonesia saat ini masih berada di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Baginya, Salat Iduladha merupakan bagian ibadah yang dilaksanakan sesuai dengan keyakinan dan dijamin oleh UUD 1945.

"Dan menghormati umat Islam yang masih melaksanakan Puasa Arafah dan melaksanakan Shalat Iduladha pada hari Ahad 10 Juli 2022," kata dia.

Di sisi lain, Abdul juga mengimbau kepada aparat pemerintah menjamin warga Muhammadiyah atau elemen masyarakat lain yang melaksanakan Salat Iduladha terlebih dulu ketimbang yang telah ditetapkan pemerintah.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada 10 Juli.

"Muhammadiyah mengimbau kepada aparatur Pemerintah di semua tingkatan dan masyarakat untuk memberikan kebebasan dan jaminan pelaksanaan ibadah bagi umat Islam yang melaksanakan Shalat Idul Adha berbeda dengan Pemerintah," kata dia.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER