Deklarasi Koalisi PKB-Gerindra Tunggu Penetapan Capres

CNN Indonesia
Sabtu, 02 Jul 2022 05:10 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid mengungkap bakal mendeklarasikan koalisi bersama Gerindra ketika sudah memiliki nama calon presiden yang akan diusung. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengungkap pihaknya bakal mendeklarasikan koalisi bersama Gerindra ketika sudah memiliki nama calon presiden (Capres) yang bakal diusung.

Meski belum resmi, ia mengungkap deklarasi koalisi itu nantinya sekaligus mengumumkan pasangan capres.

"Secara alamiah, yang begitu tuh sudah koalisi. Cuma kadang kadang kita kan butuh peresmian, deklarasi. Itu tentu kita harus mempersiapkan yang lain," ujar Jazilul pada wartawan di NasDem Tower, Jumat (1/7).

"Ya mestinya begitu (sudah ada nama capres) kalau deklarasi. Kok tidak ada pasangannya? [Nanti] kayak yang itu," sindir Jazilul.

Sindiran itu ditujukan Jazilul pada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah mendeklarasikan diri namun belum memiliki capres diusung.

Ia pun mengungkap wacana deklarasi koalisi itu bakal dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara meski masih menunggu momentum yang tepat.

"Kalau di IKN kelihatannya bagus karena kan ada semangat baru untuk melanjutkan, juga untuk memberikan pemerataan di timur," kata Jazilul.

Meski demikian, ia mengungkap tak terburu-buru untuk mendeklarasikan koalisi. Saat ini, pihaknya sedang menilai dinamika koalisi partai lain yang sedang berkembang.

"Kita tidak ingin terlalu kata orang Jawa kemajon, terlalu cepat. Tapi juga tidak boleh lambat," ucapnya.

Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membentuk koalisi untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang dinamakan Silaturahmi Indonesia Raya.

Nama itu terungkap usai sejumlah elite PKB dan Gerindra menggelar pertemuan bertajuk 'Silaturahmi kebangsaan Gerindra dan PKB kebangkitan Indonesia Raya' di Senen, Jakarta pada Kamis (30/6).

Pertemuan yang berlangsung sejak pukul 19.00 WIB itu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid, Waketum PKB Jazilil Fawaid, Ketua DPP PKB Syaiful Huda, Ketua DPP PKB Faisol Reza, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Waketum Gerindra Habiburokhman, serta Waketum Gerindra Sugiono.

Tidak terlihat Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin serta Ketum Gerindra Prabowo Subianto hadir dalam pertemuan itu.

(cfd/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER