BPBD Ingatkan Potensi Banjir Bandang di Kabupaten Bogor

CNN Indonesia
Sabtu, 02 Jul 2022 17:10 WIB
BNPB mengimbau pemerintah daerah dan pihak terkait melakukan upaya seperti normalisasi sungai, susur sungai, dan pembersihan sungai dari sumbatan sampah. Ilustrasi banjir. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyatakan 14 kecamatan berpotensi dilanda banjir bandang.

Dikutip dari akun Instagram @bpbdkabbogor, Sabtu (2/7), diinformasikan wilayah Kabupaten Bogor yang berpotensi terjadi pergerakan tanah pada bulan Juli ini.

"Dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, 26 kecamatan berpotensi menengah-tinggi dan 14 kecamatan berpotensi banjir bandang atau aliran bahan rombakan," sebagaimana informasi yang dibagikan akun Instagram BPBD Kabupaten Bogor.

Aliran bahan rombakan atau Debris Flow merupakan fenomena percampuran air, lumpur, dan kerikil sampai bongkah yang mengalir dengan kecepatan tinggi.

14 kecamatan dimaksud yakni Caringin, Ciampea, Cibungbulang, Cigombong, Cijeruk, Ciomas, dan Dramaga. Kemudian Kemang, Leuwiliang, Pamijahan, Rancabungur, Rumpin, Tamansari, dan Tenjolaya.

"Bagi wilayah yang terdapat potensi tersebut selalu siaga menghadapi banjir," tutur BPBD.

"Siapkan tas siaga bencana agar selalu tanggap dalam menghadapi bencana yang datang secara tiba-tiba," lanjutnya.

Pada pekan terakhir bulan Juni lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan waspada banjir susulan di wilayah Bogor.

BNPB mengimbau agar pemerintah daerah dan pihak terkait melakukan upaya seperti normalisasi sungai, susur sungai, dan pembersihan sungai dari sumbatan sampah.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

(ryn/ain)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER