PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 1 Agustus 2022

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 12:43 WIB
PPKM provinsi Jawa-Bali diperpanjang sampai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022 Ilustrasi. PPKM di provinsi Jawa-Bali diperpanjang sampai ... (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di provinsi Jawa-Bali mulai mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022 dalam rangka penanganan Covid-19

Pengumuman perpanjangan PPKM ini disampaikan Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA pada Senin (4/7). Adapun periode sebelumnya PPKM dilaksanakan pada 7 Juni sampai 4 Juli 2022.

"Sama [Seperti PPKM Luar Jawa Bali, diperpanjang sampai 1 Agustus]," kata Safrizal kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/7).

Selama PPKM periode ini, seluruh wilayah di Indonesia masuk kategori PPKM level 1, kecuali Kabupaten Teluk Bintuni di provinsi Papua Barat yang masih masuk PPKM level 2.

Sebelumnya, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan perpanjangan PPKM untuk luar Jawa Bali sampai 1 Agustus. Adapun periode PPKM sebelumnya di seluruh provinsi dilaksanakan pada 7 Juni sampai 4 Juli 2022.

"Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa-Bali, akan diperpanjang dari 5 Juli sampai 1 Agustus yang terdiri dari 385 kabupaten/kota di level 1 dan hanya satu di level 2, yaitu Kabupaten Sorong, Papua Barat," kata Airlangga.

Seiring dengan itu pemerintah melonggarkan sejumlah aturan. Salah satunya adalah tidak lagi mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka.

Pemerintah juga menyatakan relaksasi kebijakan dalam sektor non kesehatan terus diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi perkembangan Covid-19 terkini.

Dalam PPKM periode 7 Juni-4 Juli, pemerintah memberlakukan kebijakan 100 persen operasional pada berbagai aspek.

Seperti misalnya daerah PPKM Level 1 yang dapat beroperasi 100 persen, sementara pada daerah PPKM Level 2 menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 25 persen dan WFO sebesar 75 persen.

Tempat ibadah baik masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah di daerah PPKM Level 1 jug dapat mengadakan kegiatan peribadatan atau keagamaan berjamaah dengan kapasitas 100 persen.

(yla/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER