Wamenkes Minta Masyarakat Terus Pakai Masker Cegah Covid-19

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 17:58 WIB
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono tak merekomendasikan masyarakat melepas masker meski kasus Covid-19 melandai. Wamenkes Dante Saksono Harbuwono tak merekomendasikan masyarakat melepas masker meski kasus Covid-19 melandai. Ilustrasi (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono tak merekomendasikan masyarakat melepas masker meski kasus Covid-19 melandai. Dante menyarankan masyarakat tetap memakai masker untuk mencegah penularan virus corona.

"Tidak dulu dong [bebas masker], pakai masker terus, pakai masker lebih bagus ya," kata Dante di Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Dante menyebut perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia mulai menurun meski tidak signifikan. Dalam tiga hari terakhir, kasus Covid-19 harian turun berturut-turut dan kembali di bawah 2 ribu kasus per hari.

Namun, ia mewanti-wanti agar masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Selain itu, warga yang belum sama sekali menerima vaksin Covid-19 maupun yang belum menerima vaksin primer lengkap diminta untuk segera mengakses layanan vaksinasi di fasilitas kesehatan.

Ia juga mendorong agar masyarakat segera mengakses vaksinasi dosis lanjutan atau booster untuk mendapatkan imunitas tambahan.

"Mulai landai minggu ini, walaupun positivity rate masih tinggi tapi sudah mulai landai angkanya, mudah-mudahan kita sudah mencapai angkanya peak (puncak kasus) di Jakarta," ujarnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Kebijakan itu diumumkan Jokowi pada 17 Mei lalu.

Jokowi menilai kasus Covid-19 sudah melandai sehingga perlu ada penyesuaian kebijakan terutama terkait prokes Covid-19. Namun ada sejumlah kondisi tertentu dan golongan orang yang tetap wajib menggunakan masker.

Mereka yakni kegiatan di ruangan tertutup, transportasi publik. Kemudian masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia dan warga yang memiliki komorbid alias penyakit penyerta, serta masyarakat yang mengalami gejala pilek dan batuk.

Sementara masyarakat yang tengah melakukan aktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat manusia telah diberi izin untuk tidak memakai masker.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER