Mendagri Akan Lantik Pj Gubernur Aceh Besok

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 19:36 WIB
Mendagri Tito Karnavian direncanakan akan melantik penjabat (Pj.) gubernur untuk Provinsi Aceh di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (5/7) esok. Mendagri Tito Karnavian. (CNN Indonesia/Sonya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian direncanakan akan melantik penjabat (Pj.) gubernur untuk Provinsi Aceh di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (5/7) esok.

"Iya benar sesuai undangan dari Mendagri yang diterima oleh Gubernur Nova Iriansyah yang akan purnatugas, besok akan dilantik penjabat Gubernur Aceh," kata Jubir Pemprov Aceh Muhammad MTA kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/7).

Muhammad enggan membeberkan nama penjabat gubernur Aceh yang akan dilantik oleh Tito esok hari. Ia mengatakan pihak Kemendagri langsung yang akan menyampaikannya kepada publik.

"Nama akan disampaikan langsung oleh pihak Kemendagri," kata dia.

Selain itu, Muhammad juga memastikan Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Jakarta bersama protokoler Pemerintah Aceh telah menyiapkan pelbagai prosesi usai pelantikan penjabat gubernur esok.

"Usai pelantikan, agenda penyambutan dan agenda-agenda lanjutan Pj Gubernur sudah disiapkan," kata dia.

Sebagai informasi, masa jabatan Gubernur Aceh Nova Iriansyah akan berakhir Selasa 5 Juli besok.

Bila ditarik ke belakang, pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 pada 5 Juli 2017 lalu. Irwandi-Nova kala itu menjadi pemenang Pilkada serentak 2017 Aceh.

Setahun menjabat, Irwandi lantas ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Nova kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur Aceh. Dua tahun berselang, Presiden Jokowi menunjuk Nova menjadi gubernur Aceh definitif.

(rzr/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER