PDIP soal Nama Pengganti Tjahjo: Kita Banyak Stok

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 07:35 WIB
PDIP memastikan keputusan pengganti Tjahjo sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri setelah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat. CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membeberkan sejumlah nama yang berpotensi menjadi pengganti Tjahjo Kumolo di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Beberapa nama yang disebut adalah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Pak Hasto juga bisa. Artinya apa kita banyak stok, Pak Basarah juga bisa, kita banyak stok ya dari PDIP, banyak stok. Pak Basarah ok, Pak Hasto ok, tergantung kepada dari penugasan," kata Djarot kepada wartawan di kompleks Senayan Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Meski demikian, ia mengungkap keputusan pengganti Tjahjo itu sepenuhnya berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri setelah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hingga saat ini pun, menurutnya, belum ada pembicaraan mengenai pengganti Tjahjo.

"Sedangkan siapa pun penggantinya, bagi kita, PDIP kan masih sedang dalam suasana berduka. Jadi kita serahkan kepada Pak Jokowi," ungkapnya.

Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat menjalani perawatan selama dua minggu.

Politikus PDIP itu pun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden Jokowi pun sudah bertakziah ke rumah duka setelah tiba di Tanah Air akhir pekan lalu.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan belum ada pembahasan tentang pengganti Tjahjo.

Menurutnya, suasana duka masih menyelimuti koalisi pendukung pemerintah. Partai-partai merasa saat ini bukan waktu yang tepat membahas hal itu.

"Tidak ada pembicaraan dan kita masih dalam suasana duka," kata Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7).

(cyn/ain)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER