Surya Paloh Bantah Ganjar-Andika Jadi Figuran untuk Pencalonan Anies

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 12:40 WIB
Surya Paloh menegaskan NasDem tidak membuat rekayasa dalam pertimbangan mengusung Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Surya Paloh menegaskan NasDem tidak membuat rekayasa dalam pertimbangan mengusung Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membantah isu yang menyebut partainya menjadikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hanya sebagai calon presiden figuran.

Paloh menegaskan NasDem tidak membuat rekayasa untuk mengusung Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia memastikan setiap nama yang direkomendasikan NasDem adalah kandidat-kandidat terbaik.

"Enggak ada. Memang kita harus lihat tiga-tiganya. Ngapain kita calonkan kalau memang ada kekhususan? Kenapa kita mempermainkan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu? Buang energi percuma," kata Paloh dalam program The Politician CNN Indonesia TV, Senin (4/7).

Paloh menjelaskan NasDem menyiapkan tiga nama itu sebagai persiapan membangun koalisi. Mereka tidak ingin hanya mencalonkan satu nama dan gagal membentuk koalisi.

Tiga nama itu juga disiapkan agar bisa berproses. Menurutnya, Anies, Ganjar, dan Andika sama-sama berpeluang diusung sebagai calon presiden di 2024.

"Tidak hanya Anies, ketiga-tiganya itu [berpeluang] sebagai capres. Saya enggak keberatan karena memang itu amanat rakernas," ujarnya.

Diketahui, Partai NasDem merekomendasikan tiga nama sebagai bakal calon presiden berdasarkan rapat kerja nasional partai. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Andika Perkasa.

Nama tersebut akan diperkenalkan ke masyarakat dan calon rekan koalisi. Nantinya, Paloh akan menetapkan satu di antara nama itu sebagai calon presiden yang diusung NasDem.

(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER