Survei Capres: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo-Anies

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 16:18 WIB
Survei CiGMark menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di angka 14,1 persen mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Survei CiGMark menyatakan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di angka 14,1 persen mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tercatat berada di posisi teratas dalam hasil survei elektabilitas calon presiden (Capres) 2024 yang dirilis lembaga survei CiGMark, Selasa (5/7).

Pendiri CiGMark Setia Darma menuturkan, dengan elektabilitas mencapai 14,1 persen, Ganjar mengungguli Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara berurutan.

"Dalam pertanyaan terbuka atau top of mind tanpa disodorkan pilihan, elektabilitas Ganjar tertinggi dipilih jika pemilu dilakukan hari ini," ujar Setia dalam konferensi pers.

Secara rinci, Ganjar disusul Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 11,7 persen. Kemudian, di posisi ketiga yaitu Anies dengan elektabilitas 9,5 persen.

Sedangkan di posisi keempat ditempati Jokowi dengan elektabilitas 4,7 persen dan posisi kelima ditempati oleh Ridwan Kamil dengan elektabilitas 4 persen.

Lebih lanjut, Setia menuturkan, nama Ganjar juga masih unggul dalam hasil survei format semi terbuka dengan mengajukan 18 nama. Dalam format itu, politikus PDIP tersebut unggul dengan elektabilitas mencapai 24,4 persen.

Kemudian, diikuti Prabowo di posisi kedua dengan 23 persen dan Anies Baswedan sebesar 15 persen. Sementara Ridwan Kamil tercatat berada di angka 9,5 persen.

Dari hasil survei tersebut, Setia menilai telah terjadi perubahan di papan atas bursa Capres 2024 yang sebelumnya hanya didominasi oleh trio Ganjar Prabowo-Anies.

"Dari data survei ini menunjukkan adanya temuan baru, bahwa saat ini ada empat nama capres yang berada di papan atas, di mana sebelumnya hanya ada tiga nama," ujarnya.

Namun, ia mengatakan, posisi elektabilitas tersebut masih mungkin untuk mengalami perubahan. Sebab, jumlah swing voter atau pemilih yang belum menentukan pilihan yang terpotret dalam survei tercatat sebanyak 54,8 persen.

Survei CiGMark bertajuk Peta Dukungan Calon Presiden 2024 ini dilakukan dilakukan terhadap 1.200 orang responden berusia di atas 15 tahun yang berada dari 34 provinsi. Survei dilaksanakan pada 9-17 Juni 2022.

Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error survei sekitar 2,90 persen dan tingkat akurasi data 95 persen.

Sementara berdasarkan survei Indonesia Polling Stations (IPS), elektabilitas Prabowo unggul dibandingkan Ganjar dan Anies. Terlebih jika Prabowo diadu head to head baik dengan Ganjar maupun Anies, terlihat Menteri Pertahanan itu unggul jauh.

"Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres 2024 unggul jauh atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Bahkan, ketika dibuat simulasi head to head, elektabilitas Prabowo leading sangat jauh dari Ganjar dan Anies," ujar peneliti senior IPS Alfin Sugianto saat konferensi pers, Senin (27/6).

Elektabilitas Prabowo mencapai 29,8 persen sementara Ganjar sebesar 20,6 persen dan Anies hanya 16,8 persen.

Namun, jika Prabowo diadu head to head dengan Ganjar, menunjukkan 62,1 persen responden mengaku akan memilih Prabowo. Sementara hanya 34,4 persen yang menegaskan pilihannya pada Ganjar.

"[Sedangkan] Prabowo dan Anies, sebanyak 61,5 persen responden mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 35,2 persen yang menegaskan pilihannya pada Anies," tuturnya.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER