DKI Bakal Wajibkan Kendaraan Uji Emisi untuk Bisa Perpanjang STNK

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 14:26 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mewajibkan kendaraan melakukan uji emisi untuk bisa memperpanjang STNK. Ilustrasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mewajibkan kendaraan melakukan uji emisi untuk bisa memperpanjang STNK. (Foto: CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mewajibkan kendaraan melakukan uji emisi untuk bisa memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan untuk merealisasikan aturan tersebut, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Samsat Polda Metro dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI.

"Untuk perpanjangan STNK, ke depannya, khususnya untuk kendaraan bermotor roda empat semuanya harus sudah lulus uji emisi, baru bisa perpanjangan STNK," kata Asep di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (5/7).

Asep mengatakan aturan ini masih dalam tahap pembahasan dengan Polda. Ia berharap kebijakan ini dapat berlaku mulai akhir tahun ini atau awal tahun 2023.

Menurut Asep saat ini data kendaraan uji emisi sudah terkoneksi dengan data Samsat. Dengan demikian, nantinya kendaraan yang belum melakukan uji emisi akan terdeteksi.

"Karena data kami, data kendaraan yang sudah uji emisi itu sudah terkoneksi dengan data Samsat. Jadi kita harapkan memang bisa sesegera mungkin," ujar dia.

Lebih lanjut, Asep berharap uji emisi kendaraan ini tak hanya diberlakukan di Jakarta, tapi juga di kota-kota penyangga. Menurutnya uji emisi ini merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi masalah polusi udara di Jakarta dan sekitarnya.

"Makanya kita berkoordinasi agar ini kota di sekitar jakarta Juga bisa melakukan hal yang sama, paling tidak melakukan uji emisinya juga dilakukan," ujar Asep.

"Makanya kami juga mendorong kota-kota di sekitar Jakarta, khususnya yang masuk wilayah kerjanya Polda Metro Jaya untuk juga melakukan uji emisi," imbuhnya.

Bertalian dengan itu, Asep mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga merencanakan membuat perjanjian atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai kota penyangga mengenai masalah polusi udara.

Salah satu isi perjanjian itu yakni mengenai kolaborasi penyediaan sarana prasarana untuk mengatasi perubahan iklim, termasuk soal uji emisi.

"Salah satunya kita berkolaborasi dalam penyediaan sarana prasarana untuk iklim ini. Salah satunya kita kerja sama untuk uji emisi," jelas Asep.

Ia berharap ke depannya bengkel-bengkel besar di sekitar Jabodetabek bisa mengadakan uji emisi.

(dmi/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER