Ragam Kerja Sama Pemprov DKI & ACT: Vaksin Keliling-Bantuan Gempa

CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 17:22 WIB
Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan ACT dalam beberapa program. Berikut ini daftar kerja sama yang dirangkum CNNIndonesia.com. Ilustrasi. Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan ACT dalam beberapa program. (Foto: Tangkapan layar web act.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan bakal mengevaluasi kerja sama dengan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT). Evaluasi ini buntut masalah dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan petinggi ACT.

"Ini informasi kan baru kami terima, nanti akan kita pelajari, evaluasi ya. Mudah-mudahan pelaksanaannya tidak ada masalah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Senin (4/7).

Riza mengaku Pemprov DKI Jakarta memang kerap bekerja sama dengan ACT dalam berbagai programnya. Namun, menurutnya, selama ini tidak ada program kerja sama Pemprov DKI dengan ACT yang bermasalah.

Sementara itu, merespons tudingan soal penyelewengan dana donasi, Presiden ACT Ibnu Khajar menyebutkan ACT sudah berkali-kali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan audit.

Menurut Ibnu, laporan keuangan ACT yang mendapatkan WTP itu dipublikasikan di situs. Ibnu mengatakan hal itu sebagai bagian dari transparansi ACT kepada publik.

"Laporan keuangan sejak 2005 sampai 2020 yang mendapat predikat WTP kami sudah publikasikan di web kami, sebagai bagian dari transparansi kepada publik," kata Ibnu dalam konferensi pers.

CNNInndonesia.com merangkum sejumlah kegiatan kerja sama ACT dengan Pemprov DKI beberapa waktu terakhir. Berikut daftar program kerja sama tersebut.

Humanity Food Bus ACT di Malam Puncak HUT ke-495 DKI Jakarta

Humanity Food Bus dari ACT ikut memeriahkan perhelatan Malam Puncak HUT ke-495 DKI Jakarta yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (25/6). Dalam kesempatan itu, ACT menyediakan 1.000 porsi makanan yang dibagikan ke para panitia serta pekerja informal di sekitar JIS.

Sediakan Ribuan Porsi Makanan Siap Saji Salat Id di JIS

ACT juga sempat menyiapkan dua armada bus yang menyediakan makanan siap saji bagi masyarakat yang mengikuti Salat Idulfitri di JIS, Senin (2/5).

Armada tersebut yakni satu unit Humanity Bus dan satu unit Humanity Food Truck. Dua armada tersebut memproduksi dan mendistribusikan sekitar 2 ribu makanan siap saji untuk para jemaah seusai salat.

Bantuan Warga Jakarta untuk Korban Erupsi Semeru

ACT dan Pemprov DKI menyalurkan 10 truk bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, Desember tahun lalu. Bantuan itu berupa makanan beku, makanan bayi, obat-obatan, baju, dan selimut baru.

Layanan Pengobatan Gratis untuk Warga Koja

ACT juga sempat menggelar layanan kesehatan gratis di wilayah Koja, Jakarta Utara pada Oktober 2021. Saat itu, tim ACT menghadirkan satu unit ambulans dan sejumlah dokter.

Vaksinasi Keliling Jakarta

Pada Agusts 2021, ACT berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program vaksinasi Covid-19 keliling. Program tersebut berhasil menyasar 2.436 warga Jakarta.

Pemasaran Produk UMKM Jakarta

ACT diketahui sempat menggelar gerakan Bersama Angkat UMKM Indonesia di Jakarta. Dalam program ini, ACT menyediakan armada Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia (UMI) Mobilie di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Penyaluran Hewan Kurban dan Humanity Food Truck

Melalui Pemprov DKI, sejumlah instansi menyalurkan puluhan sapi jenis limosin ke empat lembaga penyalur kurban pada tahun 2021. Total, ada 34 sapi yang disalurkan saat itu.

Selain itu, pada tahun 2019, ACT dan Pemprov DKI juga meluncurkan Humanity Food Truck sebagai dapur berjalan. Saat itu, Humanity Food Truck ACT menyediakan 2.000 porsi olahan daging kurban.

Kerja sama Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB)

Pada April 2020, ketika pandemi Covid-19 mulai melanda, Pemprov DKI membuat program Kolaborasi Sosial Skala Besar (KSBB). ACT kemudian diketahui iktu berpartisipasi dalam program tersebut.

Dalam pelaksanaannya, ACT bertugas mendistribusikan bantuan kepada penerima manfaat.

Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Lombok 2018

Pemprov DKI Jakarta dan ACT juga tercatat pernah bekerja sama saat memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok tahun 2018.

Saat itu, Pemprov DKI melalui ACT menyalurkan ratusan ton bantuan yang diangkut menggunakan 20 truk. Bantuan itu terdiri dari tenda, selimut, penjernih air, makanan, susu, dan lainnya.

(dmi/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER