Mengenal Babarsari, Daerah di Yogya yang Disebut Mirip Gotham City

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 10:00 WIB
Sebutan Gotham City disematkan pada wilayah Babarsari lantaran sering terjadi kasus kriminal. Baru-baru ini juga terjadi bentrokan antarkelompok. Kericuhan di Babarsari, Yogyakarta membuat wilayah tersebut disebut-sebut sebagai Gotham City karena kerap terjadi kasus kriminal (Arsip Tim detikJateng)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wilayah Babarsari, Desa Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta menjadi sorotan usai terjadi bentrok antar kelompok pada Sabtu lalu (2/7).

Aksi saling serang itu imbas dari respons salah satu kelompok yang tidak puas atas penanganan perkara kasus penyerangan tiga orang di tempat karaoke.

Kericuhan di Babarsari mengakibatkan beberapa bangunan dan kendaraan bermotor mengalami kerusakan.

Usai kericuhan yang terjadi di Babarsari, masyarakat ramai-ramai menyematkan sebutan Gotham City untuk wilayah ini.

Dalam komik Batman yang diterbitkan DC, Gotham City digambarkan sebagai daerah dengan tingkat kejahatan yang tinggi dan sarang berkumpulnya para mafia.

Bangkai motor yang terbakar tergeletak usai terjadi kericuhan di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (4/7/2022). Kericuhan yang terjadi antara dua kelompok masyarakat tersebut merupakan buntut dari kasus penganiayaan yang terjadi di sebuah tempat karaoke di Babarsari. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.Bangkai motor yang terbakar tergeletak usai terjadi kericuhan di Babarsari, Sleman, DI Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.)

Tempat ini menjadi ladang bermain bagi penjahat-penjahat keji. Korupsi, kemiskinan, dan berbagai jenis kejahatan pun mudah ditemukan di sana-sini.

Sebutan Gotham City disematkan pada Babarsari lantaran menjadi salah satu wilayah di Yogyakarta yang sering terjadi kasus kriminal.

Babarsari merupakan sebuah jalan yang terletak di Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan tersebut begitu ramai lalu lalang orang dan kendaraan. Tempat hiburan malam seakan menyatu jadi satu. Banyak tempat karaoke hingga Cafe bertebaran di sepanjang jalan.

Di sekitar Babarsari juga terdapat banyak sekali perguruan tinggi seperti Universitas Pembangunan Nasional (UPN Jogja), Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), STIE YKPN, hingga Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Babarsari yang merupakan bagian dari Kecamatan Depok menjadi kawasan tinggal oleh beragam penduduk. Mulai dari penduduk asli Yogyakarta, hingga penduduk dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kecamatan Depok memiliki luas 35,55 km2 dan terdiri dari tiga desa yaitu Desa Caturtunggal, Maguwoharjo, dan Condongcatur, serta 58 dusun. Babarsari berada di Desa Caturtunggal.

Caturtunggal menjadi desa yang relatif padat penduduknya dengan 7.357 jiwa per kilometer persegi.

(ina/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER