Yasonna Bertemu PDSI Saingan IDI, Bahas Revisi UU Kedokteran

CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 10:02 WIB
Menkumham Yasonna Laoly menerima kunjungan pengurus Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI). Terawan Agus Putranto tak ikut. Menkumham, Yasonna Laoly menerima kunjungan pengurus Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly menerima kunjungan pengurus Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Jakarta pada Selasa kemarin (5/7).

Dia mengatakan ada pembahasan rencana revisi Undang-undang (UU) tentang Praktik Kedokteran saat bertemu dengan PDSI.

"Hari ini saya menerima audiensi pengurus Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI), untuk mendiskusikan arah reformasi dunia kesehatan Indonesia melalui reformasi hukum kesehatan dan revisi UU Praktik Kedokteran," kata Yasonna dalam akun Instagram resminya @yasonna.laoly.

[Gambas:Instagram]

Pengurus PDSI yang hadir pada pertemuan itu di antaranya Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Prayitno, Wakil Ketua Umum Deby Vinski, Dewan Pengawas dr. Timbul Tampubolon dan Sekretaris Umum Erfen Gustiawan Suwangto.

Yasonna juga mengaku membahas legalisasi berbagai inovasi anak bangsa di bidang kedokteran bersama PDSI.

Diskusi pun dilakukan terkait revitalisasi kewenangan pemerintah dalam regulasi kesehatan serta efisiensi administrasi adaptasi dokter WNI lulusan luar negeri.

"Pada prinsipnya, saya mendukung semua upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap publik, termasuk layanan mendapat fasilitas kesehatan yang memadai dan terjangkau," tambahnya.

PDSI muncul setelah mantan anak buah eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto mendeklarasikan pendirian organisasi tersebut pada April 2022 lalu.

Organisasi ini mengaku telah mengantongi SK Kemenkumham No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia. PDSI juga mendukung metode cuci otak Terawan.

Bahkan, Terawan disebut telah bergabung dengan PDSI setelah diberhentikan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Terawan diberhentikan dari keanggotaan IDI berdasarkan rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI yang dibacakan dalam Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh pada Maret 2022.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER