DPD Minta Pemerintah Tak Tergesa-gesa Bangun IKN

tim | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2022 22:24 WIB
Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengingatkan pemerintah agar tidak tergesa-gesa membangun Ibu Kota Nusantara. Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengingatkan pemerintah agar tidak tergesa-gesa membangun Ibu Kota Nusantara. Ilustrasi. (Tangkapan Layar Instagram/@nyoman_nuarta).
Jakarta, CNN Indonesia --

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengingatkan pemerintah agar tidak tergesa-gesa mengejar target pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024.

Teras meminta pemerintah dengan seksama memperhatikan persoalan sosiologis terkait pembangunan IKN. Hal ini menurutnya menjadi salah satu perhatian DPD.

"Jangan tergesa-gesa di dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini demi mengejar target tahun 2024," kata Teras dalam webinar yang digelar Universitas Kristen Indonesia (UKI), Rabu (6/7).

Teras mengingatkan pembangunan IKN dengan konsep smart city tidak menimbulkan kesenjangan sosial. Ia meminta pemerintah tidak hanya memperhatikan Kalimantan Timur, melainkan provinsi-provinsi lain di Pulau Borneo itu.

Menurutnya, pembangunan smart city tidak akan berarti apa-apa tanpa keberadaan smart people.

"Apa guna kita punya equipment yang pintar-pintar yang hebat-hebat tapi sumber daya manusianya ternyata tidak mampu menggunakannya ini dengan baik," ujar Teras.

Teras mengungkapkan dalam pembangunan IKN, DPD RI berkontribusi dalam beberapa hal, di antaranya adalah perhatian terhadap kearifan lokal.

Terkait hal ini, mantan Gubernur Kalimantan Tengah itu meminta pemerintah tidak mengabaikan masyarakat Suku Dayak yang sudah lama tinggal di banyak daerah di Kalimantan.

"Jangan sampai misalnya orang Dayak hanya jadi penonton. Mereka harus juga dilibatkan atau diberikan peran," tutur Teras.

(iam/sfr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER