PDSI Respons WMA Hanya Akui IDI: Organisasi Medis Dunia Bukan Itu Saja

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 17:16 WIB
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) tak merisaukan pernyataan Asosiasi Dokter Medis Dunia (WMA) yang menyebut IDI satu-satunya perwakilan RI. Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) tak merisaukan pernyataan Asosiasi Dokter Medis Dunia (WMA) yang menyebut IDI satu-satunya perwakilan RI. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) Brigjen TNI (Purn) Jajang Edi Priyanto mengaku tak mempermasalahkan pernyataan Asosiasi Dokter Medis Dunia (WMA) yang menegaskan hanya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) satu-satunya perwakilan di Indonesia.

Jajang menyatakan PDSI tidak merisaukan hal itu lantaran pihaknya masih fokus pembenahan dalam internal organisasi. Selain itu menurutnya, PDSI lebih menargetkan bergabung dalam asosiasi medis yang ada di wilayah ASEAN maupun Asia ketimbang WMA.

"Kalau mereka merasa bahwa WMA masih menganggap IDI sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia, ya yang namanya organisasi medis dunia bukan itu saja ya. Yang ASEAN dan wilayah Asia juga bisa kita," kata Jajang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (7/7).

Jajang menyebut, PDSI akan berupaya menyalurkan gagasan dan inovasi serta mobilisasi sumberdaya dalam mendukung sistem kesehatan nasional dan regional dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2025.

PDSI menurutnya juga akan fokus mendorong peningkatan pada akses pelayanan kesehatan di Indonesia serta menekankan pentingnya kerja sama dalam peningkatan kapasitas dan penyediaan obat dan alat kesehatan dalam regional maupun ASEAN.

"Kita justru titik beratnya yang [organisasi medis] ASEAN saja, bukan di WMA ya, karena untuk MEA 2025 itu. Kita tidak usah muluk-muluk, sekarang yang penting inovasi bangsa yang mengarah teknologi harus kita kuasai betul, dan jangan dihambat," ujarnya.

IDI ditunjuk oleh WMA menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi asosiasi dokter medis dunia yang dihadiri lebih dari 100 negara anggota. Konferensi yang diselenggarakan secara hybrid itu membahas masalah etik kedokteran dalam dunia masa kini.

WMA merupakan satu-satunya konfederasi dari 161 asosiasi dokter negara-negara di dunia, termasuk IDI dari Indonesia. Sementara itu, Aliansi Profesi Kesehatan Dunia (WHPA) merupakan aliansi profesi tenaga kesehatan termasuk, perawat, dokter gigi, farmasi, dan terapis sedunia. Mereka masing-masing berasal dari organisasi profesi yang menaunginya.

Dalam pernyataannya di Jakarta, Sekretaris Jenderal WMA Otmar Kloiber menegaskan masing-masing negara memiliki satu asosiasi dokter medis dan biasanya organisasi tersebut juga menjadi perwakilan negara itu di organisasinya.

Adapun PDSI muncul setelah mantan anak buah eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Brigjen TNI (Purn) Jajang Edi Priyanto mendeklarasikan pendirian organisasi tersebut pada April 2022 lalu.

Organisasi ini mengaku telah mengantongi SK Kemenkumham No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia. PDSI juga mendukung metode cuci otak Terawan.

Bahkan, Terawan disebut telah bergabung dengan PDSI setelah diberhentikan dari keanggotaan IDI. Terawan diberhentikan dari keanggotaan IDI berdasarkan rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI yang dibacakan dalam Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh pada Maret 2022.

(khr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER