6 Bupati Terima Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Jokowi

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 16:39 WIB
Presiden Joko Widodo menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada enam orang bupati. Presiden Joko Widodo menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada enam orang bupati. (Foto: Biro Setpres/Muchlis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada enam orang bupati.

Penganugerahan itu ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 42/TK Tahun 2022. Tanda kehormatan diberikan pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2022 di Medan, Sumatera Utara.

"Menganugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada mereka yang nama dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memberikan dharma baktinya kepada negara dan bangsa Indonesia," kata Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono pada acara di Medan, Kamis (7/7).

Bupati-bupati penerima tanda kehormatan itu adalah Bupati Tulangbawang Barat Umae Asmad, Bupati Lampung Baray Parosil Mabsus, dan Bupati Pesawaran Dendi Ramadona Kaligis.

Kemudian, ada Bupati Konawe Utara Rukasmin, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerjaan, dan Bupati Lubuk Linggau Sofril Nurmansyah Pranaputri.

Selain enam bupati, ada enam orang penggerak PKK yang juga menerima tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Jokowi.

Mereka adalah Andi Ruskati (Sulawesi Barat), Yunita Siregar (Kabupaten Deli Serdang), Andi Mirwana (Kabupaten Bombana), Isnaniya (Kabupaten Hulu Sungai Selatan), Muhammad Nur (RSUD Madiun), dan Kris Septiyana (Kota Semarang).

Setya Lencana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah memberikan darma baktinya yang besar kepada nusa dan bangsa hingga dapat dijadikan tauladan bagi orang lain.

Penerima tanda kehormatan itu diusulkan oleh menteri kepada Dewan Tanda-tanda Kehormatan Republik Indonesia. Kemudian, penerima tanda kehormatan diputuskan melalui keputusan presiden.

Satya Lencana Wira Karya dapat diberikan secara anumerta. Tanda kehormatan ini juga bisa dicabut jika penerima tak lagi memenuhi syarat perundang-undangan.

(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER