Tersangka Pemicu Kerusuhan Babarsari Menyerahkan Diri

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 14:23 WIB
Satu dari dua tersangka kasus penyerangan tiga orang di Jambusari, yang menjadi salah satu pemicu kerusuhan di daerah Babarsari, menyerahkan diri. Ilustrasi kerusuhan Babarsari. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu dari dua tersangka kasus penyerangan tiga orang di Jambusari, Condongcatur, Depok, Sleman, Sabtu (2/7) pagi lalu telah menyerahkan diri ke Mapolda Yogyakarta. Kasus ini menjadi salah satu pemicu kerusuhan di daerah Babarsari, Caturtunggal, dua hari berikutnya.

Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, tersangka yang menyerahkan diri tersebut atas nama atau inisial AL alias L, Kamis (7/7) pagi. Polisi sebelumnya sempat menetapkan status daftar pencarian orang (DPO) terhadapnya.

"Yang datang saudara AL," kata Ade di Mapolda DIY, Sleman, Kamis.

AL alias L ini, menurutnya menyerahkan diri ke Mapolda DIY dengan didampingi perwakilan dari Forum Pemuda NTT Indonesia.

"R belum datang," ujar Ade.

Menurut Ade, pemeriksaan terhadap AL alias L sampai saat ini masih bergulir. Adapun beberapa rekan tersangka dan pihak-pihak yang mengetahui kejadian di Jambusari juga turut mendatangi Mapolda DIY hari ini.

Beberapa orang yang disebut mengetahui kejadian keributan di tempat karaoke, daerah Babarsari, Sabtu (2/7) dini hari atau peristiwa sebelum insiden penyerangan Jambusari, kata Ade, juga hadir di Polda DIY untuk diperiksa.

"Dalam proses pemeriksaan guna membuat terang peristiwa terjadi, sehingga kami nanti dapat menentukan siapa tersangkanya," pungkasnya.

AL alias L dan R menjadi tersangka dugaan kasus kekerasan secara bersama-sama di muka umum dan pelanggaran undang-undang darurat Nomor 12 Tahun 1951 sebagaimana dilaporkan oleh sosok berinisial L.

Keduanya diduga bertanggungjawab atas penyerangan menggunakan senjata tajam terhadap tiga orang di daerah Jambusari, Sabtu (2/7) pagi.

Seperti diketahui, peristiwa penyerangan di Jambusari ini merupakan buntut pertikaian dua kelompok di sebuah tempat karaoke, daerah Babarsari, Sabtu (2/7) dini hari lalu. Bentrok itu melibatkan dua sosok berinisial L dan K dari masing-masing kubu.

Sementara, penyerangan di Jambusari ini juga disebut menjadi pemicu kericuhan di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (4/7) siang kemarin.

Polda DIY membeberkan, kericuhan dipicu ketidakpuasan suatu kelompok lain atas penanganan perkara kasus penyerangan di Jambusari.

(kum/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER