Bambang Pacul Yakin Jokowi Bakal Konsultasi dengan Mega soal MenPAN-RB

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 16:29 WIB
Bambang Pacul PDIP tetap yakin Jokowi akan berkomunikasi terkait posisi Menteri PAN-RB dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Bambang Pacul PDIP tetap yakin Jokowi akan berkomunikasi terkait posisi Menteri PAN-RB dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul tak yakin pengganti mendiang Tjahjo Kumolo di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) akan kembali diisi kader PDIP.

Menurut Pacul, kewenangan menunjuk pengganti Tjahjo sepenuhnya ada di tangan Presiden Joko Widodo. Dan Presiden menurut dia memiliki kriteria dan pertimbangan pribadi menunjuk pembantunya. Dengan demikian, tak semua pertimbangan Jokowi bisa terpenuhi PDIP.

Namun, ia meyakini Jokowi akan berkomunikasi terkait hal itu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Bahwa nanti dia akan bicara dengan Ibu Ketum, dugaan saya hampir pasti. Karena ini adalah kader PDIP, apakah pasti dari PDIP saya juga enggak yakin," kata dia kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (7/7).

Ketua Komisi III DPR itu enggan menanggapi jika jatah kursi PDIP di kabinet berkurang andai Jokowi menunjuk kader di luar partainya. Menurut dia, hal itu menjadi urusan Megawati. Dia juga tak mengetahui apakah Presiden telah berkomunikasi dengan Mega terkait pengganti Tjahjo.

"Lho itu jangan tanya saya. Kalau itu Ibu Ketum. Nggak tahu saya," kata dia

Pacul turut menanggapi nama dirinya yang sempat disebut masuk dalam bursa pengganti Tjahjo di kursi MenPAN-RB. Dia meyakini kecil kemungkinan dirinya akan ditunjuk menjadi menteri. Pacul berkelakar bahwa orang yang menyatakan hal itu salah minum obat.

"Itu kan anak orang salah makan obat kalau mencalonkan Bambang Pacul menteri itu orang salah makan," kata dia.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat menjalani perawatan selama dua minggu. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan di hari yang sama.

Sempat diisi Mahfud, MenPAN-RB ad interim kini diisi Mendagri Tito Karnavian. Mantan Kapolri itu akan menduduki posisi tersebut hingga 15 Juli berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER