Bambang Pacul Pastikan PDIP Akan Koalisi di Pilpres 2024

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 16:29 WIB
Ketua Bappilu PDIP Bambang Pacul mengatakan keputusan koalisi dengan partai politik di Pilpres 2024 sepenuhnya di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul memastikan PDIP akan menjalin kerja sama atau koalisi dengan partai lain di Pilpres 2024. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul memastikan PDIP akan menjalin kerja sama atau koalisi dengan partai lain di Pilpres 2024.

Pacul belum mengetahui partai politik yang akan diajak koalisi dengan PDIP. Menurutnya, keputusan tersebut sepenuhnya di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Ini kerja sama dalam rangka Pileg-Pilpres lho. Dalam rangka Pilpres lho ya. Dalam rangka Pilpres, kemungkinan besar ya pasti dilaksanakan," kata dia kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (7/7).

Pacul menyebut urusan koalisi akan berada di bawah koordinasi Ketua DPP Puan Maharani. Namun, hingga kini Puan belum bertemu para elite partai lain untuk membahas kemungkinan koalisi.

Menurutnya, Puan masih sibuk menyerap masukan para kader di daerah sebelum bertemu para ketua umum partai lain.

"Sepengetahuan saya, Mbak belum melakukan. Mbak lebih ketemu dulu, mendengarkan suara-suara rakyat dan mendengarkan suara PDIP dulu, keluarga besarnya dulu," katanya.

Puan mendapat tugas dari Megawati untuk bertemu para ketua umum partai guna membahas kemungkinan koalisi di Pilpres 2024. Tugas tersebut juga diberikan kepada Sekjen Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP sekaligus putra Mega Muhammad Prananda Prabowo.

"Ya pertama sebagai Ketua DPP partai sebagai Ketua DPR saya ditugaskan, ingat ya ditugaskan Ibu Ketua Umum [Megawati] untuk muter-muter, untuk ketemu sama keluarga besar PDI Perjuangan," kata Puan, Senin (4/7).

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyebut Puan merupakan salah satu dari tiga nama kader partainya yang dinilai memiliki kriteria maju di Pilpres 2024. Selain Puan, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Politikus PDIP lainnya Effendi Simbolon menyebut Puan merupakan calon tunggal. Menurutnya, pengumuman Puan sebagai capres PDIP hanya tinggal menunggu waktu.

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER