320 Simpatisan Anak Kiai Jombang Ditangkap, 20 Masih Anak-anak

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 17:33 WIB
Sebanyak 320 simpatisan Bechi, DPO kasus dugaan pencabulan di Ponpes Shiddiqiyyah, Jombang, ditangkap polisi. Sebanyak 20 di antaranya merupakan anak-anak. Polisi menangkap simpatisan Bechi, anak kiai di Jombang, tersangka kasus pelecehan seksual (Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Surabaya, CNN Indonesia --

Polisi terus melakukan penangkapan terhadap para simpatisan DPO kasus dugaan pencabulan, Moch Subchi Azal Tsani (MSAT/42) alias Bechi, di Pesantren Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang.

Simpatisan MSAT yang ditangkap bahkan mencapai 320 orang. Mereka diduga merupakan massa dari luar daerah yang mencoba menghalangi-halangi proses jemput paksa MSAT.

"Kami sudah melakukan upaya mengamankan ke Polres Jombang, jumlahnya 320 orang, 20 di antaranya adalah anak-anak," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Dirmanto, Kamis (7/7).

Ia mengatakan dari ratusan orang tersebut kebanyakan bukan penduduk pesantren ataupun santri Shiddiqiyyah. Mereka berasal dari beberapa daerah di luar Jombang.

"Ini masih kami pilah karena banyak yang dari luar kota. Ada yang dari Malang, Banyuwangi, Semarang, Yogyakarta, bahkan dari luar Jawa dari Lampung," ujarnya.

Mereka telah diangkut menggunakan sejumlah truk polisi dan Satpol PP menuju Mapolres Jombang untuk diperiksa lebih lanjut.

Selain itu, ada pula satu orang pengikut MSAT, berinisial DD yang ditangkap lantaran melakukan penyerangan petugas saat proses pengejaran tersangka, Minggu (3/7) lalu.

Sementara itu, sudah sembilan jam lamanya polisi mengepung Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Desa Losari, Ploso, Jombang, Jawa Timur, untuk menjemput paksa DPO kasus pencabulan santriwati Moch Subchi Azal Tsani (MSAT/42) alias Bechi.

Namun, keberadaan anak kiai ternama di Jombang itu belum juga berhasil ditangkap. Polisi hingga saat ini masih mencari keberadaan MSAT di area pesantren.

(frd/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER