Daftar Pemilu 2024 ke KPU, Massa PKS Salawatan

CNN Indonesia
Senin, 01 Agu 2022 09:39 WIB
PDIP dan PKS melakukan pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta. Saat mendaftar ke KPU, massa PKS melantunkan salawat. Presiden PKS Ahmad Syaikhu. (CNN Indonesia/ Ramadhan Rizki)
Jakarta, CNN Indonesia --

PKS dan PDIP melakukan pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta. Saat mendaftar ke KPU, massa PKS melantunkan Salawat dan pekik takbir.

Saat Presiden PKS Ahmad Syaikhu datang, rombongan PKS memainkan hadrah. Salawat pun dilantunkan untuk mengiringi PKS mendaftar pemilu.

Sebelum memasuki kantor KPU, terdapat pertunjukan tradisi palang pintu Betawi yang diawali dengan adu pantun. Saat adu pantun, ada pembahasan mengenai PKS yang sudah melengkapi syarat-syarat pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 dan verifikasi partai politik.

Setelah adu pantun, terdapat tampilan silat yang dilanjutkan dengan rombongan PKS memasuki kantor KPU.

"Kita ingin berpartisipasi secara aktif dalam Pemilu 2024 ini, karenanya kita mencoba daftar di hari pertama. Ini bagian dari semangat kita untuk mensukseskan Pemilu mendatang," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aboe Bakar al-Habsy, dalam keterangannya, Senin (1//8).

Aboe mengatakan pihaknya sudah memenuhi semua berkas persyaratan untuk pendaftaran. Mulai dari profil, kepengurusan, kantor, hingga anggota. Menurut dia, semua dokumen itu telah ditinggal ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

Dia mengaku siap mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan KPU. Sedikitnya, ia membawa ratusan kader dalam proses pendaftaran ke KPU hari ini.

"Insha Allah kita akan ada palang pintu dan hadrah yang mengiringi proses pendaftaran di KPU. Selain untuk membawa suasana gembira juga ini bentuk pelestarian kita terhadap budaya Indonesia," katanya. 

Sementara, PDIP menggelar pawai drum band dan sinden saat mengikuti pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta.

Pawai dilakukan dari Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro. Rombongan tersebut berjalan 1,6 kilometer sambil menunjukkan kebolehan seni.Sinden berbaju merah menyanyikan tembang "Mojang Priangan" setibanya di depan Kantor KPU RI. Alunan angklung menemani sang sinden bernyanyi.

Tak berhenti di situ, PDIP melanjutkan pawai dengan drum band. Himne PDIP dilantunkan diiringi atraksi bendera.

KPU membuka pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 pada 1-14 Agustus 2022. Sebanyak 19 partai politik telah menyatakan akan mendaftar.

Setelah periode pendaftaran ditutup, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual. Jika memenuhi syarat, partai politik dinyatakan menjadi peserta pemilu.

Partai politik peserta pemilu berhak mencalonkan anggota legislatif. Partai-partai yang memiliki kursi di DPR RI dan suara sah Pemilu 2019 juga berhak mencalonkan presiden-wakil presiden.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER