Gabung Perindo, TGB Mundur dari Golkar Pamit ke Airlangga

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 04:15 WIB
Tuan Guru Bajang (TGB) mengaku telah menyampaikan pengunduran dirinya sebagai kader Golkar ke Ketua Umum Airlangga Hartarto dan bergabung ke Perindo. Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) (mengenakan batik tosca) dalam acara Partai Golkar (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau yang dikenal pula dengan julukan Tuan Guru Bajang (TGB) mengaku telah menyampaikan pengunduran dirinya sebagai kader Golkar ke Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Ia mengakui telah berpindah Partai Perindo dan akan dilantik sebagai Ketua Harian Nasional pada Sabtu (6/8) esok.

"Saya sudah sampaikan [pengunduran diri] beberapa waktu lalu kepada Pak Ketum Golkar. Saya sudah lama enggak aktif di Partai Golkar. Dan beberapa waktu lalu sudah saya sampaikan ke Pak Ketum Golkar," kata TGB saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (5/8).

TGB lantas menjelaskan alasan bergabung dengan Perindo karena memiliki kesamaan gagasan dan visi dengan Hary Tanoesoedibjo sebagai ketumnya. Salah satunya soal nilai kemajemukan yang telah merekatkan anak bangsa selama ini.

Tak hanya itu, Ia juga mengklaim memiliki kesamaan dengan Hary bahwa ikhtiar politik harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Ini beberapa hal diantara banyak hal yang saya punya kesamaan dengan beliau. Tentang kemajemukan moderasi beragama, dan kerja politik muaranya jelas, tak hanya hiruk pikuk. Tapi ada kebijakan dan strategi hadrikan kesejahteraan," kata TGB.

TGB juga enggan menjelaskan lebih lanjut soal prosesnya bergabung dengan Perindo. Baginya, terpenting adalah membangun kolaborasi dan gotong royong antara para komponen bangsa.

"Intinya adalah semua kelompok yang mungkin beda latar belakang dan profesi, tapi kalau sudah bicara Indonesia kita harus bangun bersama," kata dia.

TGB selama ini dikenal sebagai kader Partai Golkar. Ia sempat mendapatkan jabatan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Bidang Keumatan. Jauh sebelum bergabung ke Golkar, TGB merupakan kader Partai Demokrat. Ia juga sempat mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER