Komnas HAM Fokus Selidiki Peristiwa di Rumah Sambo Pukul 17.00-17.30

CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 20:40 WIB
Komnas HAM fokus menyelidiki peristiwa Rumah Dinas Irjen Sambo pada Jumat 8 Juli 2022 ketimbang kegiatan di Magelang, Jawa Tengah. Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa penembakan Brigadir J (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengaku pihaknya fokus menyelidiki peristiwa yang terjadi pada pukul 17.00-17.30 WIB di Rumah Dinas Irjen Sambo di Duren Tiga Jakarta pada Jumat 8 Juli 2022 yang berakhir tewasnya Brigadir J di tempat tersebut.

"Dari seluruh permintaan yang kami dapatkan, maka sekarang fokus kita sekarang adalah antara rumah pribadi ke rumah dinas, yaitu antara jam 17.00 sampai kemudian sampai 17.30 atau berapa, yang itu waktunya sangat singkat," kata Ahmad di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (5/8).

Ahmad mengaku pihaknya tak ingin lagi membicarakan soal peristiwa yang terjadi di Magelang Jawa Tengah. Diketahui, Irjen Sambo, keluarga serta ajudannya sempat berada di Magelang beberapa hari sebelumnya.

Di Magelang, kata dia, Brigadir J dan ajudan lainnya sempat ikut merayakan hari ulang tahun pernikahan (anniversary) Irjen Ferdy Sambo di Magelang.

"Kita menemukan fakta, di Magelang ada perayaan anniversary, Yosua ada di situ, Bharada E atau Richard juga ada di situ. Yang lain lain ada lah, semua situasi suasana gembira saja," kata dia.

Ahmad juga mengatakan pihaknya masih menunggu hasil autopsi ulang yang sudah dilaksanakan terhadap jasad Brigadir J. Ia mengatakan tak perlu banyak berdebat soal hasil akhir dari autopsi ulang nantinya karena tengah dilakukan oleh para ahli.

"Tunggu saja hasil otopsi ulang, dan yang ditunjukkan sudah para ahli. Nama-nama itu saya tanya ke berbagai universitas, nama nama yang sangat kredibel, juga ada unsur TNI dan dipantau oleh pengacara, Komnas HAM, dan Kompolnas," tambahnya.

Brigadir J disebutkan tewas dalam insiden saling tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Namun, peristiwa itu baru diungkap pada Senin (11/7).

Polisi juga telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus penembakan Brigadir J. Polisi mengenakan Pasal 338 KUHP Jo Pasal 55 Jo Pasal 56 KUHP terhadap Bharada E.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memeriksa 25 personel kepolisian sampai mengeluarkan telegram berisi mutasi personel. Sebanyak 15 personel kepolisian dimutasi, termasuk pencopotan Sambo dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Mabes Polri.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER