Profil Irjen Syahardiantono, Kadiv Propam Baru Pengganti Sambo

CNN Indonesia
Senin, 08 Agu 2022 19:54 WIB
Irjen Syahardiantono malang melintang dengan sejumlah jabatan di Korps Bhayangkara sebelum diangkat sebagai Kadiv Propam Polri menggantikan Irjen Ferdy Sambo. Irjen Syahardiantono resmi menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri menggantikan Irjen Ferdy Sambo. (Detikcom/Lisye Sri Rahayu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Inspektur Jenderal (Irjen) Syahardiantono resmi menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri menggantikan Irjen Ferdy Sambo.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung pelantikan terhadap Syahar di Mabes Polri pada Senin (8/8) sore.

Penunjukan Syahar sebagai Kadiv Propam ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor 1628/VIII/KEP/20222 tertanggal 4 Agustus 2022.

Sebelum diangkat sebagai Kadiv Propam, Syahar menduduki jabatan Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim).

Syahar yang merupakan lulus Akademi Polisi (Akpol) 1991 ini sudah dipercaya mengemban sejumlah jabatan di Korps Bhayangkara.

Di tahun 2010, Syahar dipercaya menjabat sebagai Kapolres Pasuruan. Setahun berselang, ia didapuk menjadi Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Jawa Timur.

Infografis - 25 Polisi Terseret Kematian Brigadir J - reupload revisiFoto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani
Infografis - 25 Polisi Terseret Kematian Brigadir J - reupload revisi

Karier Syahar moncer. Ia ditarik ke Mabes Polri dan menduduki jabatan Kasubdit VI Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri pada 2012.

Dua tahun berselang, Syahar dipercaya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau.

Tak hanya di bidang reserse, Syahar juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri pada 2018 sampai 2019.

Satu tahun berselang, ia menjabat sebagai Kepala Biro Pengelolaan Informasi dan Data (PID) Divisi Humas Polri dan resmi berpangkat jenderal bintang satu.

Syahar kemudian dimutasi menjadi Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri pada 2020. Ia tercatat pernah mengungkap kasus penyelundupan 73.200 benih lobster.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah itu kemudian mendapat promosi menjadi jenderal bintang dua pada 2021. Ia dipercaya menjadi Wakabareskrim Polri.

(dis/fra)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER