KPK akan Panggil Dandim Jayawijaya Bantu Bupati Kabur ke Papua Nugini

CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 03:03 WIB
KPK akan memanggil Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib yang diduga membantu Bupati Mamberamo Tengah kabur ke Papua Nugini. KPK akan memanggil Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib yang diduga membantu Bupati Mamberamo Tengah kabur ke Papua Nugini (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Dandim 1702/Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib dan seorang prajurit TNI AD yang diduga membantu Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak melarikan diri ke Papua Nugini.

Ricky telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek.

"Yang dipanggil oleh KPK betul salah satunya Dandim, tapi tentu KPK saat ini belum bisa menyampaikan apa yang [akan] ditanyakan pada pihak dari TNI," ujar Ali kepada wartawan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan (Rupbasan) KPK, Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (10/8).

Terkait pemanggilan ini, Ali mengatakan KPK telah berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman untuk membantu menghadirkan anak buahnya dalam proses pemeriksaan.

Menurut Ali, sinergi tersebut bertujuan untuk percepatan penyelesaian kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menyeret Ricky.

"Informasi terakhir sudah ada komunikasi [dengan TNI AD]. Nanti update­-nya tentu akan kami sampaikan mengenai waktu pemeriksaannya," kata Ali.

Dalam proses penyidikan berjalan, KPK telah memeriksa sejumlah saksi seperti Wakil Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak, Presenter TV Brigita Purnawati Manohara, dan juara ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol tahun 2014 Nowela Elizabeth Mikelia Auparay.

Pemeriksaan saksi-saksi dilakukan untuk mencari tahu keberadaan Ricky yang berhasil melarikan diri ketika hendak dijemput paksa tim KPK beberapa waktu lalu. Ricky disebut berhasil kabur ke Papua Nugini lewat jalur darat.

Adapun KPK telah mengirim surat permohonan penerbitan red notice untuk memburu Ricky. Surat permohonan penetapan status buron internasional itu dikirim ke Sekretaris National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Badan Pemelihara Keamanan Polri.

(ryn/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER