Megawati Bingung Banyak Anak Indonesia yang Tak Bisa Berenang

yoa | CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 20:32 WIB
Ketum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyebut generasi muda agar bangga dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bingung banyak anak-anak yang tidak bisa berenang padahal sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku bingung banyak anak-anak yang tidak bisa berenang padahal sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan.

"Saya pikir, aduh, banyak anak-anak kita enggak bisa berenang. Saya bingung sekali loh mendengar itu...kita ini punya air 2/3 kurang lebih loh daripada tanahnya. Tapi kenapa tidak mengajarkan berenang ya," kata Megawati dalam Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI AL di geladak KRI Dewaruci, Jakarta, Kamis (11/8).

Presiden ke-5 RI itu kemudian menyampaikan keprihatinan saat terjadi peristiwa kebakaran kapal. Menurutnya, para penumpang bingung menyelamatkan diri ke laut lantaran tidak bisa berenang.

"Saya prihatin kalau melihat di TV ada kapal terbakar bingung semua, mau loncat gimana, karena apa? Karena enggak bisa berenang, jadi ini sebetulnya harus ditanamkan sebagai bagian dari matra," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga bercerita sering dipanggil oleh Presiden Jokowi untuk berdiskusi. Dalam diskusi, ia mendorong agar pemerintah menyampaikan kepada generasi muda agar bangga dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Sosialisasi untuk menanamkan, lalu mewariskan kepada generasi muda kita, bahwa negara kita itu harus menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa, karena kita terdiri dari tanah dan air. Kita adalah archipelago bukannya continental. Ini yang seringkali tidak masuk, merasuk," katanya.

(fra/fra)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER