Komnas HAM Batal Periksa Putri Candrawathi Hari Ini

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 12:45 WIB
Komnas HAM batal melakukan pemeriksaan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, hari ini. Putri Candrawathi, istri mantan Kepala Divisi Profesi dan Keamanan Polri Irjen Ferdy Sambo (paling kanan) (Detikcom/Dwi Andayani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) batal melakukan pemeriksaan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi pada Jumat (12/8), hari ini.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan hal tersebut dilakukan pihaknya lantaran kondisi Putri disebut masih belum stabil sehingga tak siap menjalani pemeriksaan.

"Tidak jadi (diperiksa), masih belum siap," ujarnya ketika dikonfirmasi, Jumat (12/8).

Taufan mengatakan, kondisi terkini itu disampaikan oleh psikolog yang bertugas mendampingi Putri. Oleh sebab itu, Taufan mengatakan pihaknya akan memberikan asesmen untuk membantu pemulihan psikologi istri Ferdy Sambo itu.

"Kami akan minta tim terpadu untuk mengasesmen dan membantu recovery," tuturnya.

Sebelumnya, Komnas HAM sudah menyiapkan tim pembanding psikolog untuk pemeriksaan Putri.

Meski demikian, Taufan mengatakan pihaknya masih mengupayakan bisa memintai keterangan langsung Putri. Sehingga, langkah itu akan dilakukan jika rencana memintai keterangan berlarut-larut.

"Ya kita siapkan kalau seandainya masih berlarut larut kita akan minta second opinion ini kita sudah siapkan tim pembanding," kata Taufan.

Diketahui, Putri masih bungkam soal kasus penembakan terhadap Brigadir J yang menyeret namanya pada Jumat (8/7) lalu. Hingga Kamis (11/8), kasus itu telah berjalan selama 34 hari.

Ia juga baru sekali muncul ke publik usai kasus mencuat. Momen itu terjadi pada Minggu (7/9) saat Putri menjenguk suaminya yang ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok. Saat itu Sambo belum berstatus tersangka.

Putri disebut dilecehkan oleh Brigadir J. Putri sudah meminta perlindungan dari LPSK, tetapi langkah asesmennya sudah dua kali gagal lantaran dia belum bisa dimintai keterangan.

(tfq/isn)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER