Kemenkes Wanti-wanti Puncak Kasus Covid-19 Bisa Terjadi Akhir Agustus

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 03:15 WIB
Kemenkes memprediksi puncak kasus virus Covid-19 di Indonesia kemungkinan masih bisa terjadi pada akhir Agustus 2022. Ilustrasi. Kemenkes memprediksi puncak kasus virus Covid-19 di Indonesia kemungkinan masih bisa terjadi pada akhir Agustus 2022. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi puncak kasus virus Covid-19 di Indonesia kemungkinan masih bisa terjadi pada akhir Agustus 2022.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menyebutkan ketidakpastian proyeksi puncak kasus Covid-19 di Indonesia itu terjadi lantaran karakteristik subvarian Omicron BA.4, BA.5, dan BA.2.75 di Indonesia berbeda dengan sejumlah negara lainnya.

"Memang kalau kita mengikuti Omicron BA.4 BA.5, pola di Afrika Selatan ditemukan itu puluhan ribu kasus [per hari], tapi kita tidak mengikuti pola itu," kata Maxi dalam rekaman suara yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (12/8).

"Jadi [puncak akhir Agustus] bisa, kalau lihat ini, dan semoga tidak ada subvarian baru lagi," imbuhnya.

Maxi menilai sementara ini tingkat penularan BA.2.75 masih lebih rendah dibandingkan dua subvarian sebelumnya yakni BA.4 dan BA.5.

Namun, Kemenkes masih menunggu kajian dan penelitian terkait karakteristik BA.2.75 berdasarkan temuan di sejumlah negara.

Ia mengatakan Kemenkes terus berupaya memperkuat mitigasi sebaran subvarian baru. Apalagi baru-baru ini ada ancaman subvarian terbaru BA.4.6 yang masih belum teridentifikasi di Indonesia.

"Kita di Indonesia sudah ada BA.4, BA.5, dan BA.2.75, kalau BA.4.6 kita belum ada atau bisa juga ya sudah ada, tapi belum diidentifikasi," ujarnya.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER