Polda Metro Jaya Tolak Penangguhan Penahanan Roy Suryo

CNN Indonesia
Jumat, 12 Agu 2022 17:57 WIB
Penyidik Polda Metro menolak penangguhan penahanan Roy Suryo yang jadi tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi. Penyidik Polda Metro menolak penangguhan penahanan Roy Suryo yang jadi tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Metro Jaya menolak penangguhan penahanan yang diajukan Roy Suryo sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo. Roy telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya sejak 5 Agustus.

"Permohonan penangguhan penahanannya itu sampai saat ini tidak dikabulkan oleh penyidik karena pertimbangan penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (12/8).

Zulpan tak menjelaskan secara rinci soal pertimbangan penyidik menolak penangguhan penahanan yang diajukan Roy.

Dia hanya menyebut bahwa sesuai aturan, pertimbangan penyidik di antaranya khawatir tersangka menghilangkan barang bukti hingga melarikan diri.

"Macam-macam (pertimbangan penyidik). Masyarakat bisa menilai ya," ucapnya.

Sebelumnya, Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Jokowi.

Roy dijerat dengan Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Kemudian juga Pasal 156 a KUHP dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Penyidik akhirnya memutuskan untuk menahan Roy di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari sejak 5 Agutus. Pada 6 Agustus, kuasa hukum Roy mengajukan penangguhan penahanan dan meminta agar kliennya menjadi tahanan kota.

(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER