LIPUTAN KHUSUS

VIDEO: Buah Pala, Rempah Pencatat Sejarah Indonesia

Angga Indrawan & Meutia Rahmawati | CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 15:17 WIB
Jakarta, CNN Indonesia --

Pala merupakan tanaman endemik Indonesia bagian timur yang diklaim sebagai jenis rempah raja layaknya cengkeh dan cendana, komoditas utama rempah-rempah dunia. Namanya melegenda, tersohor, dan menjadi daya pikat serta tonggak sejarah para penjajah mendarat di Indonesia.

Tome Pires dalam bukunya 'Summa Oriental que trata do Mar Roxo ate aos Chins' tak sungkan mengakui bahwa komoditas rempah dengan kualitas yang baik paling gampang tumbuh dan ditemui di Nusantara.

Sejak abad ke-16, pala menjadi salah satu komoditas yang sangat diminati dan menjadi rebutan bangsa Eropa. Pala juga menjadi salah satu diantara 15 komoditas perkebunan rakyat yang produktif, dan menjadi salah satu sumber devisa negara hingga kini.

Pala Indonesia merupakan tanaman multiguna lantaran setiap bagiannya dapat digunakan sebagai bahan industri seperti obat-obatan, sabun, parfum dan kosmetik.

Bagian utama dari buah pala ada fuli dan bijinya yang pada masa penjajahan berfungsi sebagai rempah untuk keperluan sehari-hari, dan sebagian besar di ekspor serta dapat dijadikan minyak pala.

Pala memiliki senyawa aktif yang bersifat antimikroba. Senyawa tersebut akan menginaktivasi daya adhesi, enzim edan lipoprotein dari mikroba sehingga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Hal itu membuat Eropa tertarik dan menjadikan pala sebagai bekal di musim dingin.

Indonesia saat ini memenuhi 60 persen kebutuhan pala dunia. Bersama India dan Grenada, RI menjadi pengekspor pala terbesar di dunia.

CNN Indonesia TV
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER