Sodorkan Visi Misi Wajib Capres, KIB Dinilai Ingin Adu Gagasan di 2024

CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 02:02 WIB
Pakar politik dari BRIN Wasisto Raharjo Jati mengatakan KIB ingin mengedepankan adu gagasan ketimbang identitas pada kontestasi Pilpres 2024. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyusun visi dan misi yang wajib dijalankan oleh sosok yang diusung menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ingin mengadu gagasan dengan menyusun visi dan misi yang wajib dijalankan oleh sosok yang diusung menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Upaya ini adalah bagian dari membentuk kompetisi yang sehat dengan mengajukan ide dan gagasan sebagai daya pikat bagi pemilih maupun kontrak politik bagi kandidat yang mau diusung nanti," kata Wasis kepada wartawan, Minggu (14/8).

Wasis berpendapat visi dan misi dari koalisi Golkar, PAN, dan PPP itu menunjukkan tekad mengikuti kompetisi di Pilpres 2024. Menurutnya, langkah ini juga upaya KIB menciptakan kompetisi pemilu berbasis gagasan dibandingkan identitas.

Wasis tak menyangkal penyampaian visi dan misi di awal akan mendapat kritik dan diperdebatkan oleh rival. Namun, menurutnya, perdebatan itu menjadi indikator dalam melihat soliditas internal.

"Serta penerimaan publik soal ide koalisi, dan juga ketahanan koalisi dalam menghadapi rival. Sebagai pionir akan banyak tantangan baik dari sesama rival maupun publik," ujarnya.

Wasis menambahkan penyampaian visi dan misi di awal kontestasi patut ditiru oleh parpol atau koalisi lainnya. Menurutnya, hal itu juga bagian dari upaya edukasi politik bagi pemilih agar juga bisa kritis dan evaluatif dengan setiap gagasan per koalisi.

"Pergeseran demografi pemilih yang kini didominasi pemilih muda yang rasional, tentu akan lebih suka pertarungan gagasan daripada identitas yang memecah belah," kata Wasis.

Sebanyak tiga parpol yang tergabung di KIB yakni Golkar, PAN, dan PPP akan menyampaikan visi dan misi yang akan menjadi dasar yang wajib dijalankan oleh sosok yang diusung menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Visi misi ini yang akan wajib dilaksanakan oleh capres terpilih dari KIB," kata Ketua DPP Partai Golkar Lamhot kepada wartawan, Kamis (11/8).

Namun, ia belum mau membocorkan poin-poin yang bakal menjadi visi dan misi misi itu. Ia hanya menyampaikan bahwa visi dan misi itu menyangkut berbagai hal seperti, ketahanan energi dan pembangunan bangsa di masa mendatang.

"Serta bagaimana masalah infrastruktur dan melanjutkan pembangunan Jokowi, Nanti tunggu hari Minggu," ujarnya.

(mts/fra)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER