Baru Tetapkan Visi Misi, KIB Belum Putuskan Capres 2024

CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 05:24 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, dan PPP belum menetapkan sosok calon presiden yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya saat ini baru fokus pada visi misi KIB, belum pada tahan penetapan Capres 2024. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)
Surabaya, CNN Indonesia --

Tiga ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah menyampaikan visi dan misi dalam menghadapi Pemilu 2024. Namun, mereka belum mengumumkan siapa calon presiden (capres2024 yang bakal diusung KIB.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya saat ini baru fokus pada visi misi KIB. Menurutnya, visi misi penting untuk menentukan arah Indonesia ke depan.

"Ini kan chapter berikut [visi misi], kami baru pada bab dua, mengenai ini [capres] nanti kami akan sampaikan selanjutnya," kata Airlangga di Hotel Shangri-la, Surabaya, Minggu (14/8).

Senada, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga enggan membeberkan siapa nama capres yang bakal diusung PAN bersama KIB. Menurutnya, sosok capres yang diusung KIB akan diumumkan pada tahap akhir.

"Itu chapter terakhir, ini baru chapter dua kan," kata Zulhas.

Sementara Ketua PPP Suharso Monoarfa enggan berkomentar soal siapa capres yang bakal mereka usung di Pilpres 2024 nanti.

Dalam penyampaian visi misi, KIB memiliki program bernama akselerasi transformasi ekonomi nasional (Paten). Program ini dipersiapkan untuk menghadapi bonus demografi 2025-2035 mendatang.

Selain itu, koalisi yang digagas Golkar, PAN, dan PPP, menekankan persatuan untuk menghindari politik identitas yang terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir.

Sejauh ini belum ada partai ataupun koalisi partai yang menetapkan sosok yang bakal diusung dalam Pilpres 2024. Koalisi Gerindra dan PKB juga belum mengumumkan capres di Pilpres 2024.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto baru sebatas siap maju kembali pada kontestasi politik lima tahunan, meskipun sudah kalah tiga kali dalam tiga edisi Pilpres.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER