Panglima TNI Bakal Kirim Marinir Latihan Bareng Militer Prancis

CNN Indonesia
Senin, 15 Agu 2022 04:40 WIB
Rencana latihan bersama Korps Marinir dengan angkatan bersenjata Prancis, France Armed Forces akan digelar pada Mei 2023. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengirim Korps Marinir untuk latihan bersama angkatan bersenjata Prancis pada Mei 2023. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan bakal mengirim Korps Marinir untuk ikut latihan bersama angkatan bersenjata Prancis, France Armed Forces pada Mei 2023.

"Saya akan pastikan Marinir juga ikut untuk perkembangan yang signifikan bagi Marinir," kata Andika, Minggu (14/8), dikutip dari Antara.

Andika memperkuat kerja sama pertahanan dan keamanan dengan Prancis melalui pengadaan alutsista dan rencana latihan bersama.

"Saya akan sangat tertarik dengan inovasi baru. Saya yakin, Anda (Prancis) akan menampilkan begitu banyak vendor, perusahaan, dan lain sebagainya," ujarnya.

Indonesia dan Prancis telah melakukan berbagai kerja sama khususnya di bidang pertahanan dan keamanan melalui pengadaan alutsista dan berbagai kerja sama lainnya.

Andika melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi dari Angkatan Bersenjata Prancis untuk berdiskusi terkait beberapa rencana kerja sama yang akan berjalan.

TNI menjadi satu-satunya angkatan bersenjata di kawasan Asia Tenggara yang diundang secara langsung untuk berpartisipasi dalam latihan bersama.

Jenderal bintang empat itu pun berharap melalui latihan bersama militer Prancis dapat menambah pengalaman dan kemampuan prajurit TNI.

Lebih lanjut, Andika mengatakan TNI akan terus berusaha menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai negara, termasuk Prancis.

Dalam kesempatan tersebut, delegasi Prancis M Taczanowski menyebut pihaknya merencanakan untuk melakukan latihan bersama pada Mei 2023 dan mengundang Indonesia untuk turut berpartisipasi.

"Latihan kami rencanakan bulan Mei tahun depan. Namun, untuk perencanaan, dari tim perencana kami perlu menerima secara resmi keikutsertaan secepatnya," kata Taczanowski.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER