Jokowi Singgung Krisis Dunia: Kita Harus Eling Ian Waspodo

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 11:42 WIB
Menurut Jokowi, krisis demi krisis masih menghantui dunia dan geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan di Indonesia. Jokowi di sidang tahunan MPR RI. (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua elemen bangsa harus selalu waspada, hati-hati dan siaga. Menurutnya, krisis demi krisis masih menghantui dunia dan geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan Indonesia.

"Kita harus selalu eling lan waspodo, harus ingat dan waspada. Kita harus selalu cermat dalam bertindak. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah," kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/8).

Ia menegaskan, agenda besar bangsa tidak boleh berhenti dan langkah-langkah besar harus dilakukan secara terus-menerus.

Menurut Jokowi, ada lima agenda besar yang tidak boleh berhenti yakni melakukan hilirisasi, optimalisasi sumber energi bersih, dan ekonomi hijau; melakukan persemaian dan rehabilitasi hutan tropis dan hutan mangrove, dan rehabilitasi habitat laut; memperkuat perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat; mendukung UMKM agar bisa segera naik kelas; serta pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju. Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," ujar Jokowi.

(mts/DAL)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER