Gerindra Tegaskan Prabowo Siap Lawan Airlangga di Pilpres 2024

CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 00:53 WIB
Gerindra menyatakan Prabowo akan siap melawan capres yang bakal diusung KIB, termasuk jika memajukan Airlangga Hartarto. Wakil Ketua Umum Gerindra, Sugiono menyatakan Prabowo Subianto siap menghadapi siapapun termasuk Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Gerindra bakal kembali mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. 

Gerindra menyatakan akan siap melawan capres yang bakal diusung oleh parpol atau gabungan parpol lain, termasuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang mempertimbangkan mengusung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Siaplah (Prabowo lawan Airlangga), masa enggak siap," kata Waketum Gerindra Sugiono usai menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/8).

Dia tak mau bicara lebih lanjut tentang peluang Airlangga maju di Pilpres 2024 mendatang. Menurut Sugiono. semua warga negara memiliki hak untuk maju sebagai capres.

"Siapapun warga negara Indonesia yang merasa mampu dan memiliki niat mengabdi untuk bangsa dan negara wajib untuk memajukan bangsa," tegas dia.

"Kita belum tahu siapa yang akan maju kan. Bukan melawan tapi kita berkontestasi," tambahnya..

Sebelumnya, Prabowo menyatakan bakal maju sebagai calon presiden 2024. Hal ini ia ungkap usai mendengar permintaan 34 dewan pimpinan daerah (DPD) yang bulat meminta Prabowo maju sebagai capres.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia," ujar Prabowo dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Jumat (12/8).

"Dengan demikian malam hari ini saya menyatakan siap terus berjuang untuk bangsa, negara, dan seluruh jiwa raga saya persembahkan untuk ibu Pertiwi," sambungnya.

Sementara itu,  Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menegaskan bahwa partainya sudah memutuskan bakal mengusung Airlangga sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, keputusan yang merupakan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar itu sudah bersifat final.

"Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto, sesuai keputusan rapat pimpinan di forum nasional. Itu sudah final," kata pemilik sapaan akrab Bamsoet itu kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (2/8).

Sejauh ini KIB sendiri masih menggodok tiga nama Ketua Umum untuk diusung menjadi capres pada pilpres 2024 mendatang.

(mts/DAL)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER