Anies Integrasikan Program Hunian DKI dengan Jakhabitat

CNN Indonesia
Rabu, 17 Agu 2022 01:20 WIB
Lewat Jakhabitat, warga dapat melihat berbagai program hunian milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan sistem integrasi hunian bernama 'Jakhabitat'. (Foto: CNN Indonesia/Damar Iradat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan sistem integrasi hunian bernama 'Jakhabitat'. Lewat Jakhabitat, warga dapat melihat berbagai program hunian milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Harapannya Jakhabitat menjadi integrasi untuk solusi perumahan dan pemukiman, lalu aksesnya melalui sebuah aplikasi yang bernama Sirukim (Sistem Informasi Perumahan dan Pemukiman)," kata Anies di Taman Martha Tiahahu, Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa (16/8).

Berbagai program hunian milik DKI Jakarta misalnya, rumah DP Rp0, rumah susun hak sewa (rusunawa), dan rumah susun hak milik (rusunami).

Menurut Anies, selama hampir lima tahun memimpin Jakarta, program-program yang dimiliki Pemprov DKI harus berada dalam satu payung integrasi, sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri.

Ia pun menjelaskan logo Jakhabitat yang memiliki logo panah bersusun ke atas menggambarkan rencana Pemprov DKI ke depan untuk membangun pemukiman vertikal. Anies menuturkan pembangunan hunian di Jakarta sudah tidak bisa dilakukan secara horizontal.

"Tidak bisa lagi melebar, karena lebarnya Jakarta tidak bisa ditambah, dan ukuran Jakarta 600 KM persegi tidak bisa ditambah. Tapi kalau naik ke atas kita masih punya ruang, karena itu rumah rumahnya pun diharapkan nanti vertikal," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Anies juga meresmikan Galeri Huni. Masyarakat bisa melihat unit-unit hunian yang disediakan Pemprov DKI.

"Dengan adanya integrasi ini, lalu ada unit contoh di sini, ada aplikasi, mudah-mudahan ke depan masyarakat akan merasakan kemudahan, di dalam mengakses kebutuhan info kebutuhan rumah, dan juga mereka bisa mendapatkan hunian yang layak," kata Anies.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER