Ribuan Pendaki Padati Gunung Bawakaraeng Jelang HUT ke-77 RI

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 21:25 WIB
Sebanyak 1.139 pendaki telah berada di lereng hingga di puncak Gunung Bawakaraeng untuk melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI. Ilustrasi upacara HUT RI di puncak gunung (CNN Indonesia/ Yandhi)
Makassar, CNN Indonesia --

Sehari menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Basarnas Makassar mencatat sebanyak 1.139 pendaki telah berada di lereng hingga di puncak Gunung Bawakaraeng untuk melaksanakan upacara 17 Agustus.

Dari catatan Basarnas Makassar saat ini sejumlah tempat di sekitar Gunung Bawakaraeng telah dipadati para pendaki yang datang baik dari Makassar maupun luar Sulsel yang ingin melaksanakan Upacara 17 Agustus di puncak Gunung Bawakaraeng yang berada di ketinggian sekitar 2.845 mdpl.

"Sampai pukul 12 siang tadi, sebanyak 1.139 pendaki yang telah ada di sekitar Gunung Bawakaraeng," kata Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi, Selasa (16/8).

Ribuan pendaki tersebut di antaranya berada Lembanna sebanyak 154 orang, Lembah Ramma sebanyak 203 orang dan pos 5 Gunung Bawakaraeng ada 75 orang.

"Yang paling banyak saat ini masih berada di puncak Gunung Bawakaraeng sekitar 707 orang, kemungkinan para pendaki akan bergerak ke puncak pada malam hari atau menjelang upacara 17 Agustus," jelasnya.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak inginkan, Basarnas Makassar telah mengerahkan ratusan personel SAR yang telah menempati beberapa pos telah ditentukan.

"Jumlah personel yang dilibatkan pada operasi SAR khusus ini sekitar 362 orang mulai dari lereng hingga ke puncak Gunung Bawakaraeng. Mereka akan menjaga para pendaki yang akan melaksanakan upacara 17 Agustus," ungkapnya.

Djunaidi mengimbau masyarakat yang akan melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia agar senantiasa membawa bekal yang cukup dan membawa perlengkapan keselamatan.

"Harus memiliki camp untuk yang ingin merayakan HUT 17 Agustus di puncak Gunung Bawakaraeng," imbuhnya.

Selain itu, Djunaidi juga menyarankan kepada orang tua agar menjaga anaknya yang ingin mendaki di Gunung Bawakaraeng.

"Anak yang di bawah umur terutama yang belum paham tentang pendakian agar melarang anaknya untuk melakukan pendakian di atas gunung, tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan anak kita," pungkasnya.

(mir/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER