DPR Panggil Kapolri Pekan Depan, Bahas Kasus Pembunuhan Brigadir J

CNN Indonesia
Kamis, 18 Agu 2022 18:34 WIB
Komisi III DPR berencana memanggil Kapolri pada Rabu (24/8) mendatang. Pembunuhan Brigadir J menjadi salah satu topik yang dibahas. Ilustrasi. Komisi III DPR berencana memanggil Kapolri pada Rabu (24/8) mendatang. Pembunuhan Brigadir J menjadi salah satu topik yang dibahas. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi III DPR RI menjadwalkan memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (24/8) mendatang.

Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir menyatakan salah satu topik yang dibahas yaitu soal pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Rabu minggu depan. Salah satunya [kasus Brigadir J]," ucap Adies kepada wartawan, Kamis (18/8).

Dalam kasus ini, bekas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo bersama Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuwat Maruf, telah ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka dijerat dengan Pasal 340 tentang pembunuhan berencana subsider Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 56 KUHP.

Saat awal kasus diungkap, Brigadir J disebutkan tewas dalam insiden baku tembak dengan Bharada Richard Eliezer--sesama ajudan Sambo. Baku tembak itu dipicu dugaan pelecehan yang dilakukan Brigadir J terhadap istri Sambo.

Namun, belakangan kronologi peristiwa itu terbantahkan. Sambo disebut membuat skenario soal pembunuhan Brigadir J.

Bertalian dengan itu, inspektorat khusus telah memeriksa 63 personel Polri terkait dugaan ketidakprofesionalan dalam menangani kasus kematian Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Sambo. Sebanyak 35 personel Polri dinyatakan diduga melanggar etik.

(tsa/tsa)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER