Sandiaga Uno: Saya Masih Kader Gerindra, Patuh Arahan Prabowo

CNN Indonesia
Jumat, 09 Sep 2022 11:40 WIB
Sandiaga Uno menegaskan dirinya masih kader Partai Gerindra dan akan mematuhi keputusan partai termasuk instruksi Ketua Umum Prabowo Subianto. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan dirinya masih kader Partai Gerindra dan akan mematuhi keputusan partai termasuk instruksi Ketua Umum Prabowo Subianto. Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan dirinya masih kader Partai Gerindra dan akan mematuhi keputusan partai termasuk instruksi Ketua Umum Prabowo Subianto.

Pernyataan itu disampaikan Sandi sekaligus merespons isu manuver dirinya yang dianggap telah mengkhianati Gerindra usai hadir di acara PPP dan menyatakan diri siap maju sebagai capres 2024.

"Saya masih kader Gerindra dan patuh kepada keputusan partai apapun itu saya sampaikan, dan seandainya ada arahan dari Pak Prabowo tentunya akan kita maknai sebagai sebuah arahan yang harus kita patuhi," kata Sandi di kompleks parlemen, Kamis (8/9) malam.

Saat ditanya apakah dirinya mendukung keputusan partai mengusung Prabowo maju di 2024, Sandi tak menjawab dengan tegas.

Sandi mengaku hadir di hari kedua Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra saat penandatanganan pernyataan Prabowo siap kembali maju. Dia juga menegaskan, keterlibatan dirinya di partai merupakan ajakan langsung dari Prabowo.

Termasuk saat dirinya maju dalam pencalonan Gubernur DKI 2017 mendampingi Anies Baswedan. Dia mengaku telah menjalankan arahan partai dengan baik.

"Saya diundang untuk bergabung ke Gerindra untuk mengikuti kontestasi yang saat itu masih sangat sulit di DKI. Dan itu saya jalankan dengan sangat baik sampai detik ini," katanya.

Sejumlah pihak sebelumnya mendesak Sandi untuk keluar dari Gerindra buntut kehadirannya di acara PPP dan menyatakan kesiapan menjadi capres.

Bahkan, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa menganggap Sandiaga Uno bukan lagi bagian dari kader partainya.

Desmond mengaku tak mempermasalahkan Sandiaga yang berniat maju capres lewat parpol lain. Namun, sikap Sandiaga itu telah menunjukkan dirinya lupa sebagai kader Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra.

"Kalau dia ngomong itu kan berarti dia permisi ya, kita pasti tahu dia permisi. Kenyataannya dia tidak permisi, saya anggap bahwa KTA Gerindra-nya sudah enggak ada lagi, gitu, loh," kata Desmond saat dihubungi, Kamis (8/9).

(thr/gil)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER