Densus 88 Tangkap 8 Tersangka Teroris Jaringan Anshor Daulah di Riau

CNN Indonesia
Kamis, 15 Sep 2022 18:53 WIB
Densus 88 Antiteror Polri menangkap total delapan tersangka teroris jaringan Anshor Daulah (AD) di wilayah Riau, pada Rabu (14/9) kemarin. Ilustrasi penangkapan terduga terori oleh Densus 88. Foto: Arsip Istimewa
Jakarta, CNN Indonesia --

Densus 88 Antiteror Polri menangkap total delapan tersangka teroris di wilayah Riau, pada Rabu (14/9) kemarin.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menjelaskan para tersangka merupakan jaringan Anshor Daulah (AD).

"Penangkapan dilakukan di Kota Dumai Provinsi Riau di 8 lokasi yang berbeda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9).

Aswin menjelaskan kedelapan tersangka teroris itu semuanya berjenis kelamin laki-laki dengan inisial RP, JW alias AJ, II, M, Z, MNS, ITZ, dan MA.

Berdasarkan keterlibatannya, ia menuturkan RP berperan sebagai amir AD Dumai. RP juga disebut terhubung dalam grup telegram pengusaha lokal dibawah pimpinan Abu Yusha dengan tujuan membentuk struktur tanzim agar dapat merealisasikan Jihad Fisabililah.

Aswin menyebut para tersangka juga berperan melakukan survei IDAD di area perkebunan sawit Bagan keladi, Dumai Barat. Beberapa diantaranya juga merupakan sisa kelompok Pok Pak Ngah yang menyerang Polda Riau pada 2018.

"Mereka juga melakukan IDAD, latihan ala militer sebanyak dua kali di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, pada awal Tahun 2020," pungkasnya.

(tfq/gil)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER