Demokrat Singgung Harun Masiku, PDIP Sindir Korupsi Ketua Umum Partai

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 15:30 WIB
Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saling sindir dengan Anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu mengenai kasus korupsi. Anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saling sindir dengan Anggota DPR RI Fraksi PDIP Adian Napitupulu mengenai kasus korupsi.

Adu mulut itu terjadi pada program Kontroversi di MetroTV. Perdebatan terjadi saat membahas klaim Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Herzaky memantik perdebatan dengan mengarahkan pembahasan ke kasus korupsi yang melibatkan kader PDIP Harun Masiku. Dia mengaitkan kasus itu dengan kecurangan pemilu.

"Fakta hukum, 2019 Komisioner KPU Wahyu Setiawan ditangkap karena kasus suap. Yang terlibat siapa? Ada eks Bawaslu yang caleg PDIP. Lalu ada juga Harun Masiku yang terlibat, yang masih buron seribu hari lebih. Itu fakta hukumnya," kata Herzaky pada program Kontroversi di kanal YouTube Metrotvnews, Kamis (22/9).

Adian mempertanyakan fakta hukum apa yang terkandung dalam pernyataan itu. Dia pun langsung menyerang balik Demokrat dengan kasus korupsi yang melibatkan ketua umum partai.

"Itu perorangan, tapi kalau korupsi yang dilakukan ketua umum partai, itu uangnya lari ke mana? Itu uangnya lari ke mana?" ucap Adian dengan nada meninggi.

Adian tak menyebut ketua umum partai mana yang dimaksud. Namun, Herzaky membalasnya dengan mengungkit kasus korupsi bansos Covid-19.

"Wabendum Partai (PDIP) Juliari Batubara, kasihan, bansos lagi covid, utang, kita buat bansos itu untuk rakyat kecil, lagi susah, kasihan lagi pandemi, rakyat susah, bansos dikorupsi, bansos dikorupsi," ujarnya.

Adian bersikukuh dengan pernyataannya. Dia terus menyinggung korupsi yang dilakukan ketua umum.

"Ketua umum partai korupsi, uangnya lari pasti ke mana?" ucapnya.

Sebelumnya, hubungan Partai Demokrat dan PDIP memanas setelah SBY menyinggung dugaan kecurangan Pemilu 2024. SBY berkata ia siap turun gunung untuk mencegah kecurangan tersebut.

PDIP sebagai pendukung utama pemerintahan Presiden Jokowi pasang badan. Mereka menyerang balik SBY.

"Mohon maaf, Pak SBY tidak bijak. Dalam catatan kualitas pemilu, tahun 2009 justru menjadi puncak kecurangan yang terjadi dalam sejarah demokrasi, dan hal tersebut Pak SBY yang bertanggung jawab," ucap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/9).

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER