Patuh Perintah Ganjar, Relawan Tunda Deklarasi Dewan Kopral

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 16:59 WIB
Kelompok relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) menunda pembentukan Dewan Kopral setelah Ganjar meminta semua pihak menahan diri. Relawan Ganjar Pranowo (CNN Indonesia/Damar Iradat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) menunda pembentukan Dewan Kopral. Gerakan itu awalnya dibentuk merespons Dewan Kolonel yang didirikan sejumlah loyalis Puan Maharani.

Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer mengatakan penundaan dilakukan setelah Ganjar meminta semua pihak menahan diri.

"Kelompok Relawan Ganjar Pranowo Mania menginstruksikan anggotanya untuk menghentikan wacana Dewan Kopral. Kita patuhlah ikut arahan beliau (Ganjar)," kata Immanuel melalui keterangan tertulis, Jumat (23/9).

Immanuel memastikan Dewan Kopral tidak dibatalkan. Dia berkata pembentukan gerakan itu hanya ditunda sampai kondisi politik kondusif.

Dia menyebut Dewan Kopral murni gerakan dari masyarakat. Menurutnya, tak ada arahan langsung dari Ganjar.

Immanuel mengatakan pihaknya akan kembali menggaungkan Dewan Kopral tahun depan. Mereka akan menggalang pemenangan Ganjar sebagai capres pada 2024.

"Saya sudah arahkan agar menunggu momentum tahun depan biar suasana politik tidak mudah panas dan Presiden Jokowi bisa menyelesaikan pemerintahannya dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah loyalis Puan Maharani membentuk Dewan Kolonel. Gerakan yang digawangi para anggota DPR Fraksi PDIP itu bertujuan memoles citra Puan menuju Pilpres 2024.

Gerakan itu memantik respons dari loyalis Ganjar. Mereka menyatakan akan membuat Dewan Kopral.

Ganjar dan Puan menjadi dua kader PDIP yang masuk bursa kandidat Pilpres 2024. Namun, PDIP belum memberi restu kepada siapa pun hingga saat ini.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER