PBNU Bakal Undang Pemuka Agama Yahudi ke Forum R20 di Bali

CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 23:45 WIB
Yokoh Yahudi yang diundang PBNU bukan representasi atau berasal dari negara Israel, melainkan dari Argentina. PBNU bakal mengundang salah satu pemuka agama Yahudi Rabi Silvina Chemen ke Forum Agama G20' atau Religion 20 (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal mengundang salah satu pemuka agama Yahudi Rabi Silvina Chemen ke Forum Agama G20' atau 'Religion 20' (R20) di Bali 2-3 November 2022.

"Ya betul [Rabi Silvina Chemen]," kata Ketua Panitia Forum R20 Ahmad Suaedy kepada CNNIndonesia.com, Jumat (23/9).

Senada, Wasekjen PBNU Najib Azca memastikan tokoh Yahudi yang diundang itu bukan representasi atau berasal dari Israel, melainkan dari Argentina.

Diketahui, Rabi Silvina Chemen berasal dari Buenos Aires Argentina. Silvina memiliki gelar Ilmu Komunikasi dari Universitas Buenos Aires. Pada tahun 2018, Ia dinobatkan sebagai tokoh di bidang Hak Asasi Manusia oleh Badan Legislatif Kota Buenos Aires.

"Rencananya akan diundang, ini tokoh pemimpin Yahudi, rabi perempuan," kata Najib di Kantor Transmedia, Jakarta, Jumat.

Forum R20 merupakan acara tambahan (side event) dari forum G20. R20 rencananya akan mengundang pimpinan agama terkemuka dari seluruh dunia untuk berkumpul di Indonesia.

Selain Silvina, pemuka agama tersohor yang telah bersedia hadir yakni Sekretaris Jenderal Aliansi Injili Dunia Uskup Thomas Schirrmacher, mantan Duta Besar AS untuk Takhta Suci Vatikan Mary Ann Glendon, hingga Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad Al-Issa.

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf beberapa waktu lalu mengatakan tujuan R20 ingin memastikan agama bisa berperan sebagai solusi masalah global, bukan menjadi bagian dari masalah global.

"Kami berharap dapat memfasilitasi munculnya sebuah gerakan global. Forum Agama R20 ini akan mengundang orang-orang dengan niat baik dari setiap agama dan bangsa untuk membawa struktur kekuatan geopolitik dan ekonomi dunia selaras dengan nilai-nilai moral dan spiritual tertinggi, demi seluruh umat manusia," kata Yahya.

(rzr/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER